Pengembang properti melihat naiknya bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai peluang terutama untuk sektor rumah dan apartemen.

Kenaikan KPR yang dipicu ekonomi global dipastikan akan membuat harga rumah dan apartemen ikut terkerek.

Baca juga: LPK Cengkok Balaraja Tangerang gelar festival UMKM tingkatkan ekonomi warga

"Kami prediksi kenaikan baru akan terjadi pada November mendatang, sehingga ini saatnya untuk meningkatkan penjualan," kata Direktur Skandinavia Apartemen Sugiyanto Lie dalam keterangan tertulis, Minggu.

Bagi masyarakat, kata Sugiyanto, harga rumah atau apartemen saat ini merupakan yang terendah pada tahun 2022 serta diprediksi pada November akan mengalami kenaikan.

Bagi pembeli hunian untuk investasi, dipastikan akan mendapatkan imbal hasil setelah November tahun ini.

Sebelumnya Bank Indonesia menyatakan kondisi perekonomian global masih diwarnai dengan berbagai ketidakpastian, bahkan menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, pertumbuhan ekonomi global berpotensi hanya mencapai 3 persen, di bawah proyeksi yang ditentukan oleh bank sentral yakni 3,4 persen. 

Proyeksi tersebut dibuat oleh BI dengan melihat tiga faktor utama yakni, pertama, perang antara Rusia dan Ukraina yang tidak kunjung usai, yang menimbulkan disrupsi rantai pasok berbagai komoditas yang menimbulkan lonjakan harga dan inflasi di berbagai negara. 

Kedua, pengetatan moneter di berbagai negara, khususnya Amerika Serikat, yang tengah agresif menormalisasikan kebijakan moneternya dengan menaikkan tingkat suku bunga acuan. 

Ketiga, kebijakan Zero Covid yang dilaksanakan oleh China, lockdown ketat berpengaruh terhadap permintaan dan kegiatan manufaktur negara tersebut dan membuat pertumbuhan ekonomi negara Tirai Bambu mengalami perlambatan. 

Di sisi lain, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati juga menghimbau masyarakat agar waspada terhadap kenaikan suku bunga yang terjadi di beberapa negara, yang dapat mempengaruhi kenaikan harga rumah kedepan. 

Kenaikan suku bunga akan turut mengerek kenaikan suku bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang akan membuat masyarakat lebih sulit untuk memiliki hunian. 

"Untuk membeli rumah 15 tahun mencicil di awal berat, suku bunga dulu, principal-nya di belakang. Itu karena dengan harga rumah tersebut dan interest rate sekarang harus diwaspadai, karena cenderung naik dengan inflasi tinggi," jelas Menkeu dalam pembukaan Securitization Summit 2022, Rabu (6/7). 

"Untuk yang berumah tangga artinya membutuhkan rumah, tapi mereka tidak punya purchasing power, harga rumah tinggi, sehingga mereka enak tinggal di rumah mertua atau menyewa. Kalau mertuanya punya rumah juga, kalau enggak punya ya jadi masalah lagi. Menggulung generasi," sambungnya.

Apabila kenaikan inflasi berkelanjutan, juga akan dapat mempengaruhi industri properti. Jika inflasi naik, kemungkinan besar suku bunga juga akan menyesuaikan, sehingga akan menambah tekanan pada industri properti. Tak hanya bahan bangunan seperti semen dan besi yang mulai naik, namun akan juga mendongkrak harga jualnya di pasar. Meski demikian, sektor properti tetap optimis menuju pemulihan ekonomi di tengah perang Rusia dan Ukraina. Industri properti masih dapat bertahan untuk tidak menaikkan harga hingga September. 

Sugiyanto Lie mengatakan properti yang menjanjikan tentu harus ditunjang dengan berbagai faktor, seperti lokasinya yang strategis yang berada di pusat aktivitas ekonomi dengan akses yang mudah. 

Kedekatannya dengan pusat perbelanjaan (mall), hotel, perkantoran, perbankan, sekolah hingga universitas juga akan menjadikan properti ini lebih banyak diminati dan mudah disewakan. 

“Fasilitas juga tidak kalah pentingnya, jaman sekarang ini konsumen lebih menginginkan hal yang serba mudah dan nyaman, mau makan, tinggal turun ke lobby, mau belanja bulanan atau shopping, tinggal jalan beberapa langkah ke mall, mau hidup sehat dengan olahraga bahkan mengadakan gathering seperti arisan, syukuran dan lain-lain juga mudah di fasilitas yang sudah disediakan. Kami cukup percaya diri, setelah berhasil melalui resesi pandemi 2 tahun belakangan, ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan penjualan dengan kualitas produk yang sudah baik,” imbuhnya. 

Sementara itu pengembang juga kerap menggelontorkan program dan promosi yang dapat menambah ketertarikan konsumen seperti cicilan developer hingga 120x hingga diskon 10% atau setara 3x bunga deposito. 

Event-event untuk menarik konsumen seperti open house juga kerap dilaksanakan, dengan bekerjasama dengan tenant-tenant ternama yakni Burger King dan Mixue Ice Cream & Tea yang juga akan melengkapi fasilitas FnB di sekitar Skandinavia Apartemen yang berlokasi di Kota Tangerang, Banten.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022