Serang (AntaraBanten) - Sebanyak 44 karya pecinta fotografi dari kalangan mahasiswa, pelajar, jurnalis dan masyarakat umum di Banten, dipamerkan dalam sebuah pameran fotografi bertajuk 'Banten Hari Ini dan Esok' berlangsung di Kantor Pendopo Lama Gubernur Banten, Jl Brigjen Sja'mun Kota Serang, Minggu.


Berbagai hasil karya pecinta fotorgrafi tersebut menampilkan foto-foto baik foto peristiwa maupun 'human interest' yang diambil di wilayah Provinsi Banten. Kegiatan tersebut dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno dan dihadiri para seniman di Banten.

Banten salah satu daerah yang kaya akan warisan budaya dan destinasi fenomenal yang mendunia. Oleh karenanya, objek peninggalan sejarahnya harus terus terekam dengan baik dari zaman ke zaman, agar menjadi warisan bagi generasi berikutnya. Fotografi merupakan salah satu cara mengawetkan dan menjaga sejarah tersebut, kata Rano Karno saat membuka pameran fotografi tersebut.

Menurut Rano, kegiatan-kegiatan yang menyangkut seni budaya harus terus menggeliat di Banten. Diantaranya melalui berbagai pameran karya seni dengan memanfaatkan gedung bekas pendopo gubernur Banten tersebut, sehingga kegiatan kesenian menjadi salah satu cara bagaimana seni dan budaya menjadi lebih semarak di Banten.

"Belum lama ini ada film tentang Krakatau yang digarap dengan sangat bagus, tapi sayang yang menggarap dari Kanada. Tentu kita miris akan hal itu, saya khawatir jangan-jangan Banten sendiri tidak punya dokumentasi tentang Krakatau.  Oleh karena itu, saya tantang teman-teman fotografer yang mengikuti pameran ini untuk merekam Banten dengan visualisasi foto," katanya.

Ketua pelaksana pameran tersebut, Edo Dwi mengatakan, kegiatan pameran fotografi tersebut bertujuan untuk menggali potensi seni khusunya para pecinta fotografi serta memenuhi harapan besar pencinta seni photography yang jarang sekali di pamerkan di Banten.

"Pameran seperti ini jarang dilakukan, maka kami berinisiatif untuk menggali potensi seni fotografi dan sebagai bentuk apresiasi bagi teman-teman yang berekspresi melalui jepretan fotonya mengenai kondisi Banten,"  kata Edo.

Selain pameran fotografi, kegiatan yang akan belangsung 25 Januari sampai 3 Februari tersebut juga diisi dengan pemutaran film, "photography on the spot", workshop fotografi, motografi model, pemasaran fotografi, teater, dan kegiatan seni oleh para pelajar.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015