Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi UKM (Indagkop UKM) Kota Tangerang, Banten, mencatat nilai ekspor hingga Juni 2022 mencapai 1,9 miliar dolar AS.

"Sebanyak 8.895 surat keterangan asal (SKA) telah diterbitkan hingga Juni 2022 dengan nilai transaksi mencapai 1,9 miliar dolar AS melalui instansi penerbit SKA (IPSKA) Disperindagkop UKM Kota Tangerang," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat kegiatan pembinaan kelola tertib administrasi ekspor bagi pelaku usaha di Kota Tangerang, Banten, Kamis.

Ia mengatakan perlu adanya dorongan bagi para pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas dalam bersaing di pasar ekspor ke depan.

Dengan capaian nilai transaksi ekspor yang cukup besar, lanjut Sachrudin, maka dapat membangkitkan ekonomi daerah dan juga Indonesia.

"Kita akan terus dorong agar roda perekonomian ini terus bergerak, maka perlu pemahaman yang matang dan sesuai dalam hal regulasi. Regulasi ekspor dan impor ini dinamis, maka pahami segala proses dan prosedurnya, kami pemerintah daerah terus berupaya untuk selalu mendampingi," katanya.

Kegiatan pembinaan ekspor ini dihadiri 50 perwakilan perusahaan eksportir di Kota Tangerang dan narasumber dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, Ditjen Bea dan Cukai Banten, PT Angkasa Pura Kargo, serta Indonesia National Shipowners Association (INSA).

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022