Program Sosialisasi  Desa Siaga Sehat Jiwa yang di selenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten di Kelurahan Pagadungan Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, bekerja sama  Dinas Kesehatan Kabupaten serta menggandeng Komisi V DPRD Provinsi Banten, Kamis.

"Ini program Sosialisasi Desa Siaga Sehat Jiwa dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang menggandeng DPRD Komisi V", Kata Dedi Al Farizi, Kasi PTM Keswa Dinkes Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Maksimalkan Layanan Kesehatan, Pasar Modal Indonesia Beri Bantuan Ambulans

Dedi juga mengatakan, karena lokasinya di Kelurahan Pagadungan, maka Dinkes Provinsi bekerjasama dengan Kabupaten Pandeglang.

Ia juga menambahkan, dalam program ini beliau di undang sebagai Narasumber sekaligus menyampaikan kondisi kesehatan jiwa yang ada di lingkup Kabupaten Pandeglang khususnya di Kelurahan Pagadungan.

"Saya di sini sebagai narasumber sekaligus menyampaikan kondisi kesehatan jiwa yang ada di wilayah Pandeglang, terutama di Kelurahan Pagadungan", kata Dedi.

Di kelurahan Pagadungan ada Sebelas Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah terdaftar di Dinkes Pandeglang serta data pelayanan jiwa Puskesmas.

Untuk ODGJ yang ada di wilayah Pagadungan sudah dilakukan pelayanan Jiwa oleh Puskesmas setempat.

"Di Pagadungan ada 11 orang, dan ODGJ tersebut sudah di lakukan pelayanan oleh Puskesmas yang bekerja sama dengan aparat Desa", katanya.

Kelurahan disini hanya bersifat memfasilitasi Dinas Kesehatan guna menyampaikan Sosialisasi untuk Masyarakat Pagadungan.

"Hanya bersifat mendukung dan memfasilitasi saja", Singkat Lurah Pagadungan. Yudhi Murzan Adhi Nugraha.

Turut hadir Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Hj. Tati Nurcahyana, Bhabinkamtibmas, Bripka Irwan. Tokoh Masyarakat. Ketua RT, RW. serta perwakilan Karang Taruna Kelurahan Pagadungan.

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022