Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyebutkan jamaah haji asal daerah itu yang terdiri dari 879 orang dan terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter) telah diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah.

"Semua calon haji asal Kota Tangerang sudah diberangkatkan. Hari ini adalah kloter keempat yang merupakan kloter terakhir berangkat," kata Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Senin.

Baca juga: Kloter terakhir JCH Kabupaten Tangerang diberangkatkan ke Embarkasi Pondok Gede

Sekda Herman mengatakan dalam kegiatan pelepasan jamaah calon haji di Masjid Raya Al Azhom, pihaknya telah menyampaikan pesan agar selalu menjaga kesehatan dan disiplin prokes.

Kemudian kepada jamaah haji untuk selalu berkoordinasi dengan pimpinan rombongan dan melapor jika memiliki gejala kesehatan agar dapat ditangani segera.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang melakukan pelepasan keberangkatan 91 orang calon haji Kota Tangerang kloter 25 JKG/Banten pada hari Minggu (19/6), juga menyampaikan hal yang sama yakni mengenai tetap waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan selama menunaikan ibadah haji.

Baca juga: Kepala Kemenag Banten: Semua calon haji negatif COVID-19

"Doakan agar pandemi ini segera berakhir dan semoga para jamaah menjadi haji yang mabrur, dikabulkan segala hajatnya dan kembali ke Kota Tangerang dalam keadaan sehat walafiat," katanya.

Sachrudin berpesan agar para JCH bisa mematuhi instruksi para pembimbing haji dan saling membantu antar jamaah saat di Tanah Suci.

"Ikuti arahan dari pembimbing, jaga kekompakan, saling mengingatkan tidak mementingkan diri sendiri," katanya.

Baca juga: Daftar tunggu haji di Banten 53 tahun

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan pada hari Minggu (19/6) melepas keberangkatan 135 calon haji yang masuk dalam kloter 25 nasional atau ketiga di Tangsel.

Pilar menjelaskan kloter 25 ini merupakan lanjutan dari keberangkatan dua kloter sebelumnya yaitu kloter 12 sebanyak 389 orang dan kloter 24 sebanyak 96 orang.

Pihaknya berpesan kepada seluruh calon haji untuk menjaga stamina dan kesehatan dalam menjalankan rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji.

"Perbanyak minum dan makan buah, dan jangan lupa masker, ini untuk mencegah. Saya harap bapak ibu semua nya menjalankan ibadah haji ini sehat walafiat semuanya," katanya.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel Dedi Mahfudin mengatakan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan karena kondisi cuaca saat ini di Arab Saudi masuk musim panas.

"Suhu di Mekah saat ini 45-46 derajat, makanya minum yang banyak, makan buah-buahan supaya kita tetap prima dan sehat walafiat," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 879 calon haji Kota Tangerang sudah diberangkatkan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022