Sebanyak 90 calon haji (calhaj asal Kabupaten Tangerang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 25 JKG Banten diberangkatkan ke Embarkasi Pondok Gede Jakarta dari Aula Masjid Agung Al-Amjad, Tigaraksa pada Minggu (19/6) dini hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Minggu, mengatakan bahwa dari puluhan calon haji yang diberangkatkan ini diharapkan ikhlas dan fokus serta tetap menjaga kesehatan diri selama menjalankan ibadah.

"Jaga kesehatan, niat dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah haji, semata-mata hanya kepada Allah SWT," katanya.

Baca juga: Kloter pertama JCH asal Kabupaten Tangerang diberangkatkan

Ia mengungkapkan pihaknya akan terus membantu dan mengakomodasi jamaah haji, mulai dari persiapan pemberangkatan sampai ke Embarkasi Pondok Gede, begitu juga saat tiba di Tanah Air.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perhatian dan pelayanan Pemkab Kabupaten Tangerang kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.

"Kita doakan bersama jamaah haji asal Kabupaten Tangerang menjadi haji yang mabrur dan dimudahkan segala urusannya," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang Ade Baijuri menjelaskan jumlah keseluruhan jamaah haji asal Kabupaten Tangerang sebanyak 890 orang. Namun, dari jumlah tersebut yang bisa berangkat hanya 869 orang, yang terbagi dalam tiga kloter pemberangkatan, yaitu kloter 5 yang sudah berangkat pada 6 Juni 2022.

Baca juga: Kepala Kemenag Banten: Semua calon haji negatif COVID-19

Disusul keberangkatan kedua yang tergabung dalam kloter 18 dan berangkat pada Senin (13/6) sebanyak 385 orang dan pemberangkatan ketiga yang tergabung pada kloter 25 dan diberangkatkan pada hari ini sebanyak 90 orang.

Ia berpesan kepada jamaah haji sebisa mungkin memanfaatkan waktu untuk istirahat, karena proses penyelesaian dokumen administrasi di Asrama Pondok Gede nanti butuh kesabaran dan tenaga yang ekstra.

"Jamaah agar beristirahat dalam perjalanan ke Embarkasi Pondok Gede, karena di sana akan membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk registrasi dan melakukan tes PCR," katanya.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022