Kementrian Agama Kota Tangerang, Banten memastikan 389 jamaah haji yang diberangkatkan ke asrama pondok gede hari ini dan masuk dalam kloter dua nasional telah dinyatakan negatif COVID-19.

"Hasil dari tes swab PCR dinas kesehatan yang telah dilakukan kemarin, hasilnya semua negatif COVID-19 sehingga tak ada yang tertunda keberangkatannya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Samudin usai pelepasan keberangkatan 389 Calon Jamaah Haji Kota Tangerang Kloter 2 JKG/Banten di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang, Sabtu.

Baca juga: Wali Kota Tangerang berharap asrama haji dapat segera dibangun di Cipondoh

Ia mengatakan hasil tes swab PCR yang dikeluarkan Dinas Kesehatan ini berlaku selama 48 jam atau dua hari hingga besok keberangkatan melalui Bandara Soekarno - Hatta.

"Kita sudah cek ulang tadi pagi sebelum berangkat dan semua jamaah dalam keadaan sehat. Tak ada yang miliki gejala apapun," katanya menegaskan.

Namun, panitia tetap melakukan pengawasan terhadap seluruh jamaah terutama dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji berlangsung.

"Kita harap nanti saat pulang setelah melaksanakan ibadah haji, tak ada yang tertunda kepulangannya sebab dilakukan tes lagi di sana. Sehingga semua jamaah tiba dengan selamat dan sehat," katanya.

Pada musim haji tahun 2022, Kota Tangerang mendapatkan kuota sebanyak 879 jamaah atau 48 persen dari biasanya yakni 1.200 sampai 1.500 jamaah. Kemenag targetkan tahun depan ada penambahan kuota.

Sedangkan keberangkatan jamaah haji Kota Tangerang pada Tahun 1443 H/2022 M dibagi menjadi dua gelombang dan empat kloter. Untuk kuota haji Provinsi Banten pada musim haji 2022 sebanyak 4.291 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni sebelumnya mengatakan jika hasil tes PCR tersebut positif maka keberangkatan calon jamaah haji akan dijadwalkan ulang sebab harus menjalani isolasi terlebih dahulu.

Dinas Kesehatan pun sudah memberikan imbauan kepada para jamaah untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19.

"Kita terus sosialisasikan mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat agar keberangkatan sesuai dengan jadwal dan dalam kondisi sehat," kata dia.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022