Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten menyebutkan 869 calon haji asal daerah itu telah memenuhi syarat kesehatan setelah menjalani serangkaian tes dan pemeriksaan.

"Dari jumlah 1.202 orang yang dilakukan pemeriksaan dari empat kategori kesehatan (istitaah), ada 869 orang telah memenuhi syarat dan bisa berangkat haji berdasarkan pembagian kloter dari Kemenag," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho di Tangerang, Jumat.

Baca juga: BPBD: 29 KK terdampak puting beliung di Kabupaten Tangerang

Ia mengatakan bahwa terhadap ratusan calon haji telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran melalui aplikasi Siskohatkes (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan) sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dia menjelaskan pentingnya tes dan pemeriksaan kesehatan itu untuk mengetahui kondisi masing-masing calon haji, apakah masuk kategori baik atau kurang, sehingga kondisi mereka aman saat tiba di Mekkah.

"Untuk hasil PCR 3x24 jam belum ada hasil pemeriksaan, karena baru keluar paling cepat besok hari Sabtu (4/6), karena kloter pertama berangkat pada 6 Juni nanti," katanya.

Pihaknya juga akan terus memantau kondisi kesehatan jamaah calon haji hingga kedatangan di embarkasi.

"Ya, kita tetap memantau kesehatan jamaah haji sampai nanti ke embarkasi," ujarnya.

Ia mengimbau calon haji asal Kabupaten Tangerang menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan, termasuk yang penting mengutamakan disiplin protokol kesehatan COVID-19.

"Agar dapat beribadah sesuai yang diharapkan maka protokol kesehatan tetap diutamakan. Semoga pergi haji sehat, pulang juga sehat, dan menjadi haji yang mabrur," kata dia.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang akan memberangkatkan 869 calon haji terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) pada musim haji tahun ini, mulai 6 Juni 2022.

Sebanyak 869 di antara kuota 890 calon haji dari daerah itu, siap berangkat ke Tanah Suci.

"Dan itu sudah diatur secara teknis. Persiapan sudah berjalan terus dan sudah siap dari segala hal teknis terkait pemberangkatan haji tahun ini," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang Ade Baijuri.

Pemberangkatan mereka direncanakan melalui titik kumpul di Masjid Agung Al-Amjad Tigaraksa Kabupaten Tangerang menuju Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk selanjutnya ke Mekkah.

Seluruh calon haji Kabupaten Tangerang, terutama lansia yang berangkat pada kloter pertama akan diberikan pendampingan kesehatan oleh tim khusus yang disiapkan panitia penyelenggara ibadah haji.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022