Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Banten, membentuk Satgas Pangan untuk memantau ketersediaan pangan di daerah itu aman guna memenuhi kebutuhan masyarakat  pasca-libur Lebaran 2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika di Tangerang, Selasa, mengatakan, bahwa  Satgas Pangan akan melakukan koordinasi dan pemantauan di lapangan guna memastikan stabilitas harga dan pasokan pangan.

"Hal tersebut dilakukan dengan memonitor hasil produksi pertanian dan peternakan khusus pangan strategis termasuk di Rumah Potong Hewan (RPH), Feedlotter dan Rumah Potong Unggas (RPU). Kami juga rutin untuk melakukan sidak pasar untuk memantau stabilitas pasokan dan harga pangan," katanya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin harap ketersediaan pangan Ramadan dan Lebaran cukup tersedia

Ia mengungkapkan, selama  bulan Ramadhan harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan, seperti harga daging naik menjadi Rp140 ribu dan telur ayam  menyentuh harga Rp25 ribu per kilogram.

Oleh karena itu, Satgas Pangan dapat mengontrol dan menekan apabila terjadi lonjakan harga serta kelangkaan kebutuhan pangan masyarakat.

"Memang ada kenaikan harga, setelah adanya pengawasan pada  27 April lalu di Pasar Mauk dan Sepatan , kenaikan tersebut tidak signifikan," ujarnya.

Dalam menjaga kestabilan serta keamanan stok pangan,  Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang akan memberikan pendampingan kepada para petani dan pedagang pasar.

"Kami terus berikan pendampingan kepada petani melalui penyuluh. Karena pasokan dari petani tidak boleh stop sebagai kebutuhan pokok yang harus tersedia," kata menjelaskan.

Ia berharap, dengan adanya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, petani, pedagang, pengusaha retail, dan BUMN/BUMD pangan setempat, akan dapat menjaga kestabilan ketersediaan atau pasokan pangan.

"Perlunya pengawasan dan pembinaan yang ketat kepada pelaku usaha utama (produksi) dan pedagang dalam menjamin pangan yang berkualitas dan aman dikonsumsi masyarakat," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022