Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Banten, menyiagakan 1.401 "pasukan oranye" untuk menjaga kebersihan di wilayah itu selama masa libur Lebaran 2022.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik di Tangerang, Selasa, menjelaskan untuk menjaga kebersihan sebelum dan sesudah perayaan hari raya, pihaknya telah menyiagakan petugas dan armada pengangkut sampah untuk mengantisipasi penumpukan sampah saat libur Lebaran.

Baca juga: Warga Sukamulya Tangerang giat Minggu bersihkan sampah.

"Kami menyiagakan 1.401 petugas kebersihan yang bertugas di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang dari sebelum dan sesudah Idul Fitri. Selain itu, 213 armada truk dikerahkan," ucapnya.

Ia menyebutkan selama masa libur itu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jatiwaringin tetap beroperasi 24 jam, setidaknya terdapat 12 personel ditugaskan piket di tempat tersebut.

Selain itu, pada H+2 Lebaran seluruh petugas kebersihan, seperti sopir, kenek, pesapon (tukang sapu), petugas taman dan pengawas sudah mulai kembali bertugas normal.

Baca juga: Pemkot Bandar Lampung kunjungi Kota Cilegon belajar pengelolaan sampah

"Hari kedua bekerja seperti sebelumnya, inilah kemuliaan mereka, libur sebentar saja khawatir sampah menumpuk. Mudah-mudahan ini jadi ladang amal petugas kebersihan. Saat orang-orang bersuka cita mereka tetap bekerja," katanya.

Ia mengungkapkan potensi volume sampah usai perayaan malam takbir dan Lebaran diperkirakan akan meningkat hingga 20 sampai 30 persen. "Melihat tahun-tahun sebelumnya, memang terjadi peningkatan sampah di hari Lebaran tahun ini," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022