Pelabuhan Indah Kita Cilegon, Banten, pada Sabtu (30/4) memberangkatkan 623 unit kendaraan dan 2.152 orang penumpang dengan tujuan Pelabuhan Panjang, Lampung, menggunakan KMP Mutiara Berkah I.

Keterangan tertulis yang diterima, Sabtu, menyebutkan  kendaraan yang diberangkatkan melalui pelabuhan tersebut meliputi kendaraan kecil 436 unit, kendaraan besar 15 unit, bus sedang 10 unit, truk sedang 11 unit, bus besar 5 unit dan truk besar 3 unit.

Baca juga: Tiga kapal Roro disiagakan di Pelabuah Indah Kiat urai kemacetan di Merak

Sementara pada Jumat (29/4) Indah Kiat memberangkatkan 361 unit kendaraan, meliputi 286 unit kendaraan kecil, 21 unit truk sedang, 21 unit truk besar, 11 unit tronton, 1 unit bus besar, 3 unit bus sedang dan 9 sepeda motor.

Pada Kamis (28/4), kendaraan diberangkatkan dari Pelabuhan Indah Kiat yakni 288 unit sepeda motor, 10 unit kendaraan kecil, 24 unit kendaraan besar, 22 unit truk besar, 3 unit bus besar dan 11 unit tronton, serta penumpang 1.406 orang.

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata menuturkan, Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas.

Saat ini Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon difungsikan untuk pelabuhan alternatif bagi kendaraan logistik dan pemudik untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak saat arus mudik lebaran 1443 Hijriah.

"Kita mendukung arahan Pemerintah untuk membantu mengurai kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak bagi pemudik," ucapnya.

Diharapkan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat menjadi solusi untuk membantu kelancaran antrian kendaraan angkutan penyeberangan di periode mudik.

"Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat untuk membantu pemudik agar bisa pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga," tandasnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022