Serang (AntaraBanten) - Tim atlet arung jeram (Rafting) dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Banten, dikirim ke Brazil untuk mengikuti kejuraraan arung jeram internasional.

Pemberangkatan tim Rafting dari FAJI Banten ke Brazil dilepas Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno di Serang, Minggu.

Rano Karno meminta kepada para atlet arung jeram dari FAJI Banten tersebut membawa nama baik bangsa Indonesia dan khususnya Provinsi Banten, dengan menunjukan prestasi yang baik serta bertekad untuk menjadi juara. Oleh sebab itu, ia meminta para atlet mempersiapkan diri dengan baik, mengingat kondisi alam di Brazil akan berbeda dengan Indonesia.

"Kalian harus menjadi Duta Bangsa Indonesia dan khususnya Provinsi Banten, untuk menunjukan kepada dunia, bahwa kita mampu bersaing di Internasional. Jaga disiplin dan tunjukkan sikap yang baik serta harus siap beraing," kata Rano saat melepas sembilan orang tim yang terdiri dari enam atlet, satu pelatih dan dua orang oficial.

Sementara itu Ketua Harian Federasi Arung Jeram Internasional (FAJI) Banten, Agus Rasyid mengatakan, enam orang atlet dari FAJI Banten akan mewakili Indonesia untuk kejuaraan dunia Arung Jeram di Guazu Brazil, 8 Oktober 2014. Tim akan berangkat ke Brazil pada 2 Oktober 2014 karena harus melakukan pengenalan wilayah dan berlatih di lokasi untuk kejuaraan Internasional tersebut.

"Tim kami ini ditunjuk oleh FAJI Nasional untuk mengikuti kejuaraan Internasional. Kebetulan selama dua tahun ini 2013 dan 2014, kami dari FAJI Banten menjadi juara nasional," kata Agus.

Ia mengatakan, untuk mengikuti kejuaraan internasional di Brazil, pihaknya sudah mempersiapkan diri dengan melakukan "try out" di sejumlah sungai-sungai di Pulau Jawa dan Sumatera. Tim tersebut akan mengikuti kejuaraan pada empat kelas yakni Sprint, Head To Head, Slalom dan Down River Race.

"Terakhir kami melakukan latihan di Sungai Citarik Sukabumi. Beberapa bulan lalu juga berlatih di Sungai Batang Merangin Jambi," kata Agus.

Beberapa kejuaraan yang pernah diikuti FAJI Banten yakni Nasional Open pada 2011 meraih juara umum, Menpora Cup pada 2013 juara umum untuk semua kelas dan Kejurnas Menpora Cup 2014 meraih juara umum dengan perolehan empat emas.

"Di Indonesia ada lima tim arung jeram yang kuat yakni Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Palembang," katanya.

Pihaknya optimistis tim FAJI Banten bisa membawa nama baik Indonesia di Kejuaraan Internasional di Brazil dengan menjadi juara umum pada kejuaraan Internasional arung jeram kelas junior tersebut.

Pelepasan tim arung jeram ke Brazil tersebut dihadiri Ketua KONI Banten Brigjen Pol (Pur) Rumiah, Kepala Dispora Banten Opar Sohari dan sejumlah pejabat Provinsi Banten.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014