Serang (AntaraBanten) - Hingga satu hari menjelang penutupan pendaftaran, sudah ada delapan pejabat di lingkungan SKPD Provinsi Banten yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten.

"Sampai hari ini sudah ada delapan yang mendaftar. Mungkin saja besok hari terakhir masih ada yang mau mendaftar," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Banten Asmudji di Serang, Kamis.

Asmudji yang juga Ketua Panitia Seleksi Calon Sekda Provinsi Banten mengatakan, setelah menerima pendaftaran, selanjutnya tim pansel melakukan proses verifikasi administrasi kedelapan nama tersebut. Kemudian, hasil verifikasi akan diumumkan siapa saja yang lolos dan tidak lolos verifikasi administrasi

"Sambil berjalan, timsel akan melakukan verifikasi administrasi dan langsung diplenokan siapa saja yang akan lolos verifikasi. Jadi sekarang kami belum bisa menyampaikan siapa saja yang lolos administrasi," kata Asmudji.

Asmudji mengatakan, setelah itu timsel mengagendakan para calon sekda yang lolos verifikasi, akan mengikuti proses tes uji kompetensi manajerial maupun kompetensi bidang yang akan dilaksanakan pada 24-26 September di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung, Jawa Barat.

"Harapan kami pada 10 Oktober 2014, timsel sudah mengajukan tiga nama ke Kemendagri. Sehingga, diharapkan pada akhir Oktober sudah muncul satu nama calon sekda Banten definitif," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Banten bidang Pembangunan Sigit Suwitarto mengatakan, alasan mengikuti pendaftaran sebagai calon Sekda Banten karena ingin mengembangkan karier sebagai PNS pada jabatan yang lebih tinggi. Sehingga jika terpilih menjadi Sekda bisa lebih luas dalam mengabdikan diri bagi masyarakat Banten.

"Saya sebagai pegawai negeri tentu ingin mengembangkan karier yang lebih tinggi. Saya juga dari segi persyaratan sudah bisa memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon Sekda Banten," kata Sigit.

Sementara itu, calon sekda lainnya Sumawijaya mengaku tidak gentar untuk bersaing dengan kandidat calon lainnya. Ia juga mengaku sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri menjadi calon Sekda Banten.

"Biasa aja, saya mendaftar sebagai calon Sekda Banten karena seluruh persyaratan terpenuhi. Apalagi ini sudah ada perintah dari pimpinan, kita harus responsif," kata Sumawijaya yang menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik.

Sumawijaya berharap Sekda Banten mendatang adalah orang yang mengerti dan memahami kultur masyarakat setempat.

Sebagaimana diketahui delapan pejabat setingkat eselon dua yang sudah mendaftar untuk mengikuti lelang jabatan Sekda Banten yakni, Asda III Provinsi Banten Karimil Fatah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Banten Ranta Soeharta, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Kurdi Matin, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina, Staf Ahli Gubernur Banten Bidang Pemerintahan Rusjiman, Staf Ahli Gubernur Banten Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) H M Basri, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Sigit Suwitarto dan Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik Sumawijaya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014