Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten menegaskan bus yang boleh mengangkut pemudik Lebaran 2022 dari daerah itu harus lolos "ramp Check"  atau uji kelayakan.

"Jika ditemukan kendaraan yang tidak layak jalan, maka kendaraan tersebut tidak diberikan izin keberangkatan," kata Kepala Dinas Perhubungan Wahyudi Iskandar saat memantau tes kelayakan bus jelang mudik lebaran 2022 di Terminal Bus Poris Plawad, Senin.

Baca juga: Wali Kota: MTQ bukan sekedar ajang tahunan tetapi latih kemampuan qori

Dijelaskannya kegiatan ramp check sudah dilakukan Dinas Perhubungan sejak 5 April 2022 lalu. Hingga kini, belum ditemukan adanya kendaraan yang tidak layak jalan.

Hanya saja ada beberapa temuan minor seperti lampu sein yang tidak menyala namun langsung dilakukan pergantian. "Setelah diperbaiki, baru bisa berangkat," katanya.

Adapun beberapa item yang jadi perhatian dalam kegiatan ramp check adalah rem, lampu, ban dan sebagainya. Hal ini telah menjadi kewajiban dalam layak fungsi.

Dinas Perhubungan pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan mudik agar melakukan vaksinasi COVID-19 sesuai dengan anjuran pemerintah

"Selalu jaga protokol kesehatan. Mulai pakai masker dan jaga kesehatan. Lengkapi juga vaksinasi bagi yang belum lengkap dan selamat mudik semoga selamat sampai di tujuan," katanya.


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022