Tangerang (AntaraBanten) - Pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas dalam Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-3, di National Academy for Educational Research, Taiwan.

Monika Raharti dari Center for Young Scientists (CYS) Surya University di Tangerang, Senin, mengatakan medali yang diraih yakni satu medali emas, dua medali perak, dua medali perunggu dan tiga penghargaan khusus.

Ia juga mengatakan pelajar Indonesia pun sebelumnya telah sukses di lomba tingkat internasional dalam International Conference of Young Scientists (ICYS) di Serbia pada bulan April lalu.

Sembilan pelajar yang ikut dalam kompetisi merupakan hasil seleksi dari tingkat daerah sampai nasional dan bekerjasama dengan berbagai Dinas Pendidikan. Para pelajar tersebut telah diberikan pembinaan oleh pembimbing dari berbagai universitas serta alumni ICYS/APCYS.

Terdapat delapan materi penelitian yang dibawa kesembilan pelajar yakni bidang Fisika, Matematika, Computer Science, Environmental Science dan Life Sciences. "Semua pelajar berhasil mendapat medali," ujarnya.

Adapun pelajar yang meraih medali emas yakni Adinda Alifiansi Candra Dewi dari SMK Theresiana Semarang dengan judul penelitian "Kelor" Seed as Water Cleanser'.

Lalu, untuk yang meraih medali perunggu bidang Life Sciences adalah siswi SMP dari SMPN 28 Surabaya, Erika Rizki Sagita, dengan judul penelitian "Aloe Vera Juice to accelerate Soybean Seed Growth".

"Kami harapkan, pelajar yang telah meraih medali dapat menjadi peneliti muda Indonesia dan menumbukan peneliti lainnya," paparnya.

APCYS adalah konferensi sekaligus lomba khusus penelitian dan presentasi karya ilmiah remaja di kawasan Asia-Pasifik yang bertujuan untuk merangsang melaksanakan penelitian ilmiah.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014