Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang kembali menerima penghargaan di bidang keuangan dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh secara berturut-turut sejak 2007.

"Penghargaan ini merupakan hasil kinerja  seluruh aparatur Pemkot Tangrang sehingga berhasil mempertahankan laporan keuangan dengan predikat WTP yang ketujuh kali," kata Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Efdinal kepada Wakil Wali Kota Tangerang Sacrudin bersama Wakil DPRD Kota Tangerang Bonnie Mufidjar pada Acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun Anggaran 2013 kabupaten/Kota Se Provinsi Banten.

Acara penyerahan penghargaan itu berlangsung di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Jalan Syekh Nawawi Palima Serang, Jumat (30/5).

Sachrudin mengatakan, penghargaan ini merupakan komitmen dan 'political will' Wali Kota Tangerang Arief R.Wismansyah dalam membangun pemerintahan yang transparan dan akuntabel sehingga terwujudnya pemerintahan yang baik (good government).

Wakil Wali Kota juga menuturkan, Pemkot akan terus membangun sistem keuangan melalui peningkatan dalam penyusunan keuangan setiap tahunnya.

Apalagi dari tahun ke tahun penyusunan laporan keuangan terus dievaluasi dan diimpelemntasikan ke setiap SKPD.

Sejak pengelolaan secara manual, berubah menjadi berbasis kas menuju akrual. Sehingga sekarang penyusunan kebijakan akutansinya lebih dapat menunjang dalam penyempurnaan peraturan dan kebijakan Pemkot.

Ditambahkannya, keberhasilan Pemkot dalam mempertahankan WTP karena dalam penyusunan laporan keuangan terus berpedoman pada kepatuhan terhadap berbagai aturan yang telah ditetapkan. 

Selain itu, penyajian internal yang dibuat oleh setiap SKPD tidak luput dari pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat secara optimal sebagai pengawas dalam peraihan WTP ini.

"Pemkot juga memberikan apresiasi terhadap sinergitas dan peran DPRD Kota Tangerang yang telah mendukung berbagai kebijakan Pemkot dalam membangun pemerintahan yang akuntable," imbuhnya lagi.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Efdinal mengatakan, BPK akan terus mendorong seluruh Kabupaten/Kota dalam membangun Pemerintahan yang baik.

Oleh karenanya diharapkan agar setiap kabupaten/kota dapat melakukan perencanaan dan pengendalian internal secara baik.

"Kami juga terus membuka ruang konsultasi bagi seluruh Kab/Kota sehingga penyajian laporan keuangannya dapat berjalan dengan  baik," katanya. (Adv)

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014