Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, kontribusi ulama dalam membangun tatanan masyarakat sangat diperlukan, apalagi dalam kondisi saat ini.

“Jelas sekali MUI vital perannya dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam pembangunan tatanan masyarakat,” kata Andika Hazrumy dalam pelantikan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Provinsi Banten periode 2021-2026 pimpinan Ketua Umumnya, KH Tb Hamdi Ma’ani, di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Rabu.

Baca juga: Pemkab Lebak siapkan isolasi terpusat hadapi lonjakan COVID-19

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum MUI KH Miftachul Achyar di Pendopo Gubernur Banten dan dihadiri Gubernur Banten Wahidin Halim.

Menurut Andika, para ulama juga mempunyai peran penting dalam mencegah munculnya paham radikalisme, ekstremisme, dan terorisme di Indonesia. Pasalnya, paham ini dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa.

“Tugas MUI yang didalamnya terdapat para ulama yaitu juga menjaga keutuhan NKRI dari bahaya-bahaya seperti radikalisme, ekstrimisme dan terorisme pada tataran pemahaman tentu saja,” kata Andika.

Oleh karena itu, Andika mendorong para ulama terus meningkatkan moderasi beragama sesuai prinsip Islam Wasathiyah. Andika optimistis moderasi dalam beragama bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan serta mencegah munculnya ekstremisme dan terorisme.

Andika menyebut MUI melalui fatwa-fatwa yang dikeluarkannya diharapkan, dapat memberikan setiap porsi kemaslahatan untuk memberikan panduan bagi umat.

Andika mengatakan, MUI mempertemukan berbagai ormas keagamaan Islam di dalam satu forum. Menurutnya, apabila tidak ada satu forum untuk memusyawarahkan berbagai masalah umat bisa jadi yang muncul.

”Dalam konteks tersebut jelas sekali bahwa MUI adalah mitra strategis pemerintah,” kata Andika.

Ketua Umum MUI Banten KH Tb Hamdi Ma’ani sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum MUI Kabupaten Pandeglang, terpilih sebagai Ketua Umum MUI Provinsi Banten menggantikan KH AM Romly pada Musyawarah Daerah V MUI Provinsi Banten pada Sabtu (4/12) lalu.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022