Serang (AntaraBanten) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memperoleh lima kursi DPRD Provinsi Banten pada pemilihan umum anggota legislatif, 9 April lalu.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan kursi di DPRD Provinsi Banten yang dilaksanakan KPU Provinsi Banten di Serang, Senin, partai pendatang baru pada Pemilu 2014 itu mendapatkan suara sah 326.256 suara sehingga mendapatkan lima kursi dari 85 kursi DPRD Banten.

Partai pimpinan Surya Paloh tersebut mendapatkan kursi di lima dari sepuluh daerah pemilihan di Banten, yakni dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten 2, 4, 7, 8, dan Dapil Banten 9.

Adapun para caleg Partai NasDem yang akan duduk di kursi DPRD Provinsi Banten tersebut, yakni Aries Halwani dari Dapil Banten 2 dengan meraih 11.660 suara; Ali Nurdin Abdul Ghani dari Dapil Banten 4 meraih 13.232 suara; Suryadi Nian dari Dapil Banten 7 meraih 3.564 suara; Dedi Djubaedi Dapil Banten 8 sebanyak 11.963 suara; dan M. Redy, S.E. dari Dapil Banten 9.

Ketika menyampaikan hasil pleno penetapan total perolehan suara dan jumlah kursi parpol di DPRD Provinsi Banten dari 10 dapil, Ketua Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri menyebutkan bahwa PDI Perjuangan dan Partai Golkar masing-masing meraih 15 kursi.

Kendati demikian, kata dia, perolehan suara PDI Perjuangan lebih unggul, yakni sebanyak 842.690 suara, sementara Partai Golkar meraih 808.902 suara.

"Selain PDI Perjuangan dan Partai Demokrat yang memperoleh kursi sama, yakni 15 kursi, ada juga parpol yang mendapatkan kursi yang sama-sama delapan kursi, yakni PKS, PPP, dan Partai Demokrat," kata Syaeful.

Menurut Syaeful, setelah Partai Golkar, urutan berikutnya Partai Gerindra yang meraih 10 kursi dengan memperoleh 576.193 suara, kemudian Partai Demokrat dengan delapan kursi dengan memperoleh 474.996 suara.

Urutan berikutnya, PPP meraih delapan kursi dengan perolehan suara mencapai 394.543 suara; PKS meraih delapan kursi dengan perolehan suara mencapai 379.328 suara; dan PKB dengan meraih tujuh kursi dengan perolehan suara mencapai 390.887 suara.

Partai Hanura mendapat enam kursi dengan meraih 349.726 suara; NasDem mendapat lima kursi dengan meraih 326.256 suara; dan PAN mendapat tiga kursi dengan meraih 284.376 suara.

Dari total perolehan suara tersebut, kata dia, dua parpol, yakni PBB dan PKPI, tidak mendapatkan jatah kursi DPRD Provinsi Banten.

Jika dilihat dari perolehan kursi Pemilu 2014 dibandingkan dengan Pemilu 2009, kata dia, jatah kursi pimpinan akan mengalami perubahan.

Dua parpol, yakni PKS dan Hanura, kata dia, kemungkinan akan tergusur dari jatah kursi pimpinan oleh Gerindra dan PPP.

Menurut Saeful, parpol yang bisa mendapatkan jatah kursi pimpinan atau ketua, yakni PDI Perjuangan, sedangkan Golkar tetap mendapat jatah wakil ketua, sementara Demokrat jatah turun dari ketua menjadi wakil ketua.

Pelaksanaan pleno penetapan hasil perolehan suara dan calon anggota legislatif terpilih untuk DPRD Provinsi Banten berlangsung di Hotel Ratu Bidakara Kota Serang dengan pengamanan yang cukup ketat oleh ratusan polisi.

Hingga akhir pelsaksanaan pleno yang dihadiri caleg terpilih dan para saksi dari parpol tersebut, terlihat berlangsung aman dan tertib.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014