Tangerang, (Antara) - Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar, memberikan hak suaranya dalam Pemilu Legislatif 2014 di TPS Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tangerang.

"Saya berharap agar seluruh tahanan memberikan hak suaranya dan tidak ada yang Golput," kata Antasari Azhar usai mencoblos.

Antasari Azhar mencoblos pada urutan pertama di TPS 36 Lapas Dewasa Tangerang. Setelah itu diikuti para tahanan lainnya.

Kepala Lapas Kelas 1A Tangerang, Dedi Handoko menuturkan, terdapat 1.125 tahanan yang terdata sebagai pemilih.

Terdapat empat TPS yang disediakan KPU untuk penyaluran hak suara para tahanan yakni TPS 36, TPS 37, TPS 38 dan TPS 39.

Kalapas menargetkan 80 persen warga binaan menyalurkan hak suaranya dari total DPT yang terdata. "Kami harap semuanya bisa memberikan hak suaranya," ujarnya.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, sebelumnya menuturkan, terdapat ribuan tahanan di empat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang, akan mencoblos di 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia mengatakan, terdapat empat Lapas yang masuk dalam pendataan KPU Kota Tangerang yakni Lapas Pemuda, Lapas Dewasa, Lapas Wanita, Lapas Anak Pria.

Sementara itu, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdata awal oleh KPU yakni 3.790 pemilih. Namun, ada tambahan di LP Wanita.

Adapun jumlah DPT di Kota Tangerang yang terdata yakni sebanyak 1.237.977 pemilih, tersebar di 13 Kecamatan. Sedangkan untuk jumlah TPS, jumlahnya yakni 3.223 TPS.

Kapolres Metro Tangerang, Kombespol Riad, menjelaskan, untuk pengamanan di Lapas, kepolisian akan melakukan secara khusus.

Namun demikian, Kapolres berharap agar proses Pemilu Legislatif di Kota Tangerang berjalan lancar dan sukses. "Semua wilayah mendapat pengamanan yang sama. Sedangkan untuk di Lapas, pengamanan secara khusus," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014