Tangerang (AntaraBanten) - Ketika Pemerintah Daerah yang lain sedang mewacanakan bahkan merencanakan dan memulai pengobatan gratis bagi masyarakatnya, Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang telah lebih jauh menerapkannya diawali dengan pengobatan gratis terhadap masyarakat miskin, rentan miskin, melakukan kerjasama dengan RS Swasta.

Kemudian menggratiskan seluruh warganya untuk pengobatan gratis serta Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang berlantai 8 tanpa kelas yang juga digratiskan bagi  seluruh warga masyarakatnya.

Program-program  yang dicanangkan selama ini selalu didasari pada keberpihakan kepada masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu. Salah satu upayanya adalah melalui program kesehatan gratis ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2014, Pemkot Tangerang tetap memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakatnya.

Program yang telah menggandeng 34 rumah sakit yang tersebar di Tangerang dan Jakarta ini memberikan pelayanan Ruang Inap Kelas III, pengobatan rawat  jalan dan segala tindakan medis untuk Pasien Kelas III.

Dimana Rumah Sakit yang bekerja sama dengan Pemkot Tangerang maksimal memberikan 30% tempat tidur bagi pasien Kelas 3 yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang.

Setiap warga Kota Tangerang yang masuk ke kelas tiga (3) diseluruh rumah sakit hanya tinggal menunjukkan surat rujukan dari puskesmas setempat, maka sudah dapat diberikan pelayanan secara gratis. 

Selain dapat berobat ke 34 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang, kini  masyarakat Kota Tangerang juga dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis di RSUD Kota Tangerang.

Dengan adanya RSUD ini semakin banyak pilihan bagi masyarakat Kota Tangerang untuk berobat. Tinggal pilih, mana yang paling dekat dengan rumah.

RSUD Kota Tangerang sendiri merupakan kelanjutan dari berbagai upaya Pemkot dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat.

Dibangun di atas lahan seluas Luas 24.000 m2/ 2,4 hektar. Dengan luas bangunan 15.630 m2. Yang terbagi dalam dua tahap pembangunan yaitu di tahun anggaran 2012 dan 2013. Tahap I sebesar Rp. 32.359.100.000,- milyar dan tahap II Rp. 122.898.000,- milyar. Dengan total keseluruhan biaya mencapai Rp. 155.257.100.000,- miliar. 

Dengan kapasitas 300 tempat tidur. Terdapat 17 ruang poliklinik yang meliputi pelayanan spesialistik dasar, pelayanan spesialistik lainnya dan penunjang medik yaitu poli penyakit dalam, kesehatan anak, kebidanan dan kandungan, bedah umum,  mata,  Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT),  kulit dan kelamin, kosmetik, kesehatan gigi, dan mulut, jantung dan syaraf.    

Selain itu, turut pula ditunjang dengan sarana ibadah serta kantin sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan secara paripurna saat berada di RSUD Kota Tangerang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014