Jakarta, (Antara) - Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik (KAPd) menggelar seminar peningkatan transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan untuk strata satu dan dua di Universitas Mercu Buana Jakarta.

Ketua Pelaksana Konferensi Ilmiah Akuntansi Istianingsih mengatakan seminar itu merupakan yang pertama dibuka untuk tingkat strata satu dan dua dan diikuti mahasiswa dari sabang sampai Merauke.

Biasanya, konferensi ilmiah akuntansi ini hanya diikuti oleh jenjang strata tiga atau calon doktor akuntansi saja.

Adapun hasil yang diperoleh 250 mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jenjang ini sebagai peserta yakni masukan untuk karyanya.       

"Konferensi ini diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu berguna untuk bahan proposal skripsi, tesis, dan desertasi peserta," ujarnya.

Seminar "Sinergi Peran Akuntan dan Otoritas Jasa Keuangan dalam  Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan", menghadirkan beberapa narasumber yakni Prof Ilya Avianti, Prof Mardiasmo, Langgeng Subur, Dr Supriadi, serta berbagai ahli Akuntan lainnya.

Maka itu, seminar nasional hasil kerja sama 11 universitas tersebut, tak hanya diselenggarakan sehari saja, melainkan dua hari yang dibagi di berbagai tempat.

Apalagi, peserta berasal dari berbagai daerah seperti Jabodetebakem Bandung, Bali, Aceh dan wilayah sebrang lainnya.

"Hari pertama digelar seminar nasional lalu ada parallel season. Para peneliti atau peserta berdiskusi dengan narasumber mengenai penelitian yang sedang ditempuh, workshop penelitian tingkat S1 dan S2, serta terakhir student kolokium," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014