Komunitas Railfans wilayah1D beserta jajarannya menggelar sosialisasi keselamatan di perlintasan kereta api (KA) sebidang di perlintasan Statsiun Karangantu JPL 251, Kasemen, Serang, Banten, Minggu (19 Desember 2021).

Ketua Railfans Wilayah1D Abdul Somad mengatakan sosialisasi ini untuk mengurangi kecelakaan di perlintasan kereta api dan meningkatkan kesadaran masyarakat pengendara yang melintas.

Baca juga: Pemkot Tangerang awasi keramaian antisipasi omicron

"Sosialisasi dilakukan secara persuasif, kepada pengguna jalan pada saat palang pintu tertutup. Sosialisasi keselamatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang. Sehingga harapannya angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan," ucapnya.

Lanjut Abdul, ini sudah berjalan selama 6 bulan dan di lakukan tiap hari Minggu di perlintasan sebidang yang ada di wilayah Banten.

"Minggu depan giat ini terakhir di perlintasan sebidang di Cilegon, insya Allah di lanjut di tahun 2022," ungkapnya.
 
Petugas dan relawan dari komunitas Railfans melakukan sosialisasi keselamatan perlintasan KA di Karangantu, Kasemen, Serang. (Foto Antara/Banten)

Abdul menyebut selama 6 bulan sosialisasi tidak ada pengendara yang menerobos dan angka kecelakaan berkurang.

"Alhamdulillah selama 6 bulan tidak ada pengendara yang menerobos, pengendara sudah sadar tertib ketika kereta api akan melintas, dari awal kita melakukan kegiatan sampai sekarang masyarakat sudah mengerti akan keselamatannya, serta untuk tingkat kecelakaan selama diadakan sosialisasi, dari survai mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya," terangnya.

Untuk pengguna jalan, khususnya saat akan melewati perlintasan kereta mengingat perlintasan yang tidak terjaga masih cukup banyak, baik perlintasan sebidang kategori kecil maupun lebar, kami imbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada.

"Jangan menerobos palang pintu di perlintasan kereta api dan tertib di perlintasan serta patuhi rambu-rambu, salah satunya rambu stop," harapnya.

Pewarta: Weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021