Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan COVID-19 saat libur Natal dan Tahun 2022 dengan mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada urusan penting.

Ia mengatakan pemerintah pusat sudah memberikan edaran terkait dengan kegiatan malam pergantian tahun agar tidak ada perayaan yang dapat menimbulkan kerumunan karena riskan terjadinya penularan COVID-19.

Baca juga: Pokja KIPI: Vaksin Sinovac aman digunakan anak - anak

"Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menjalankan imbauan yang diberikan pemerintah untuk kesehatan dan keselamatan bersama-sama," ujar dia usai meninjau vaksinasi bagi anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Kota Tangerang di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Selasa.

Meski saat ini capaian vaksinasi di Kota Tangerang sudah tinggi dan pandemi COVID-19 sudah berangsur membaik, kata dia, kedisiplinan terhadap prokes tetap harus dijalankan warga.

Capaian vaksinasi terkini, sudah 1.392.127 jiwa atau 94,1 persen pada dosis satu dan 1.055.970 jiwa atau 71,4 persen
pada dosis dua. Kategori lansia sudah 87.323 jiwa atau 83,3 persen divaksin dosis satu.

"Kami tetap imbau kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera mendatangi sentra vaksin terdekat dalam rangka pembentukan kekebalan komunal," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini mengatakan sebagai upaya menekan penularan COVID-19 maka dilakukan penapisan oleh petugas puskesmas dengan sasaran pegawai pemerintah, masyarakat, dan sasaran lainnya.

Upaya lainnya dengan percepatan vaksinasi dan sosialisasi penerapan 5M kepada masyarakat yang perlu ditingkatkan.

"Jangan sampai lengah intinya, harus tetap waspada apalagi sudah ada imbauan dari pemerintah," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021