Jakarta (Antara News) - Standard Chartered Bank (SCB) membiayai dua proyek PLTG dengan nilai pinjaman 160 juta Euro atau setara Rp2,6 triliun masing-masing PLTG Arun di Aceh dan PLTG Bangkanai di Kalimantan Tengah.

"Kedua PLTG ini nantinya mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas 339 MW atau dapat melayani 150.000 rumah dan menyerap 600 tenaga kerja," kata CEO SCB Tom Aaker di Jakarta, Kamis.

Kerja sama kredit ini ditandatangani CEO SCB Tom Aaker bersama Direktur PT PLN (Persero) Nur Pamudji dalam suatu acara pada Rabu (22/1) yang menandai dimulainya pembangunan kedua proyek PLTG.

Menurut Nur Pamudji, kedua PLTG menggunakan 35 mesin "Wartsila 34 SG" dengan rincian PLTG Arun menggunakan 19 mesin menghasilkan listrik berkapasitas 155 MW sedangkan PLTG Bangkanai 16 mesin menghasilkan listrik berkapasitas 184 MW.

Tom menjelaskan, dalam kerja sama kredit tersebut, lembaga pembiayaan ekspor Finvera yang dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Finlandia bertindak sebagai penjamin, kemudian melalui anak usaha Finnish Export Credit ikut terlibat ke dalam pembiayaan.

Nur Pamudji mengatakan, fasilitas pinjaman ini merupakan yang pertama diberikan lembaga kredit eksport (export credit agency) langsung kepada PLN, setelah sebelumnya penjaminan diberikan pemerintah.

Nur Pamudji mengatakan, meskipun PLN kini dapat langsung mendapat jaminan dari ECA namun untuk memutuskan tetap melalui proses lelang berdasarkan bunga yang paling kompetitif.

Nur Pamudji mengatakan, PLN sangat berkomitmen terhadap investasi pembangunan pembangkit listrik dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi Indonesia dan terus menambah kapasitas untuk menjaga pasokan listrik kepada pelanggan.

PLN, jelas Nur Pamudji, juga akan terus mengurangi ketergantungan menggunakan bahan bakar minyak untuk mengurangi biaya produksi yang pada akhirnya menurunkan subsidi.

Tom Aaker terkait kerja sama ini mengatakan, SCB sangat senang terlibat dalam mendukung PLN dan "Wartsila" untuk membangun PLTG dan meningkatkan kapasitas daya listrik di Indonesia.

"Kerja sama ini menunjukkan keberhasilan dan komitmen SCB untuk mendukung BUMN dalam melakukan inovasi dan pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan," ujar Tom Aaker.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014