Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lebak Tajhudin meninjau tempat kegiatan pelatihan kerja budidaya ikan koi yang diadakan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang di Kampung Karamat, Desa Cikarang, Kecamatan Muncang, (3/12)

"Kementerian Tenaga Kerja (Kenaker), melalui BLK melaksanakan pelatihan, dan ini sangat penting guna meningkatkan skill para pekerja di Tanah Air, salah satunya di Kabupaten Lebak sebagai upaya  menghadapi tantangan perubahan argoindustri," kata Tajhudin.

Baca juga: BPBD Banten minta warga pesisir waspada potensi tsunami

Ia menjelaskan, pelatihan yang digelar yakni budidaya ikan koi selama 16 hari dan diikuti 16 peserta yang berasal dari warga Kecamatan Muncang.

"Sudah pastinya menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan pengalaman, dan mempunyai keterampilan dalam membudidayakan ikan koi.Selain itu para kegiatan pelatihan kerja ini juga difasilitasi BLK Lembang dari segi peralatan lengkap, baju dan sepatu (BLK Lembang), makan selama pelatihan dan dapat transport Rp25 ribu/orang/hari," katanya.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lebak Tajhudin meninjau tempat kegiatan pelatihan kerja budidaya ikan koi. (Foto Antara/M. Iqbal)


Dia berharap, setelah mengikuti pelatihan para peserta bisa membuka usaha mandiri di bidang pembudidayaan ikan koi.

Instruktur pelatihan budidaya ikan Oka Jatnika Sulaksana menjelaskan dalam kegiatan tersebut dilakukan dengan berbagai tahapan, dimulai dari perencanaan produksi, persiapan sarana dan prasarana, pelaksanaan produksi hingga perawatan pasca produksi.

Kasubag Program dan Keuangan Disnaker Lebak Ari Rahmat Ariawan menambahkan setelah selesai pelatihan para peserta akan diberi sertifikat kompetensi dari Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang.

"Selain menambah wawasan dalam pembudidayaan ikan koi, 16 peserta pelatihan juga mendapat sertifikat kompetensi, dan itu sangatlah penting, bisa bermanfaat jika nantinya para peserta ingin melamar pekerjaan," ujarnya.

Salah satu peserta pelatihan Rahmat Triadi mengatakan sangat berterima kasih adanya kegiatan pelatihan kerja ini, dan diharapkan menjadi bekal dalam menekuni bisnias ikan hias koi.

Pewarta: M. Iqbal

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021