Jakarta (Antara News) - Bank Tabungan Negara (BTN) berhasil meraih "Corporate Governance Award 2013" dari Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) berkerja sama dengan Majalah Swa untuk kategori perusahaan paling terpercaya (the most trust companies) 2013.

"Penghargaan ini menjadi bukti kalau BTN telah menjalankan fungsinya sebagai perusahaan terbuka yang mematuhi peraturan yang berlaku untuk tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/ GCG)," kata Direktur Kepatuhan Bank BTN, Masyur S. Nasution di Jakarta, Rabu, saat menjelaskan keberhasilan perusahaan meraih penghargaaan "Corporate Governance Award 2013".

Masyur menjelaskan, penghargaan yang diterima Senin (16/12) merupakan ketiga kalinya diterima oleh Bank BTN, sekaligus momentum yang tepat pada saat implementasi good corporate governance (GCG) menjadi perhatian banyak pihak.

"The Most Trust Companies 2013 merupakan bukti Bank BTN layak untuk mendapatkannya," kata Masyur S. Nasution.

IICG telah menyelenggarakan survei  corporate governance perception index (CGPI) terhadap perusahaan terbuka, BUMN, BUMD dan Swasta.

Survei dilakukan bekerjasama dengan majalah SWA dan telah diselenggarakan selama 11 kali. Ada 12 aspek yang dinilai dalam CGPI ini antara lain: komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kompetensi, misi, kepemimpinan, kolaborasi serta resiko.

Hasil survei turut melibatkan para pemangku kepentingan, yaitu para  analis dan investor untuk menilai sejauh mana perusahaan-perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia dapat dikategorikan telah menjalankan praktik GCG dengan baik.

Hasil survey yang menurut Masyur, sudah independen karena  dilakukan umpan balik kepada analis dan investor sebagai pemangku kepentingan. Hasil ini sangat membanggakan karena dilakukan kepada seluruh emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, BUMN, BUMD dan Lembaga Keuangan Syariah.

Semoga ini menambah semangat bagi kami manajemen Bank BTN untuk mengajak seluruh pegawai di semua jajaran bekerja lebih baik dan sesuai aturan GCG.

"Jika perlu kami jadikan ini sebagai moment untuk mengingatkan kembali pentingnya GCG itu diterapkan di semua lini. Kami taat GCG dan inilah hasilnya," tegas Mansyur.

Bank BTN per 31 September 2013 didukung oleh 838 kantor cabang (konvensional dan syariah) ditambah oleh  2.922 outlet Kantor Pos Online. Perseroan juga telah  memiliki 1.499 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 40.000 ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Link, Bersama dan Prima.

Bank BTN juga telah dilengkapi dengan layanan prioritas di 21 kantor yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013