Sebagai upaya dalam meningkatkan pengembangan industri di Indonesia, khususnya wilayah Provinsi Banten, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani beserta pejabat eselon terkait
melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja Bea Cukai Merak, Banten, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dan sebagai bentuk komitmen Bea Cukai dalam memfasilitasi dan asistensi industri dengan tujuan untuk memahami seluk-beluk kegiatan industri dan memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Pada kegiatan ini Direktur Jenderal Bea dan Cukai turut hadir untuk menerima masukan para pelaku usaha serta memahami secara langsung implementasi pelaksanaan pemeberian fasilitas kepabeanan.

Baca juga: Bea Cukai Banten sinerja dengan Kejaksaan selesaikan perkara kebaneanan dan cukai

Pada kesempatan ini, Askolani didampingi oleh Rahmat Subagio selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten dan Beni Novri selaku kepala Bea dan Cukai Merak melakukan kunjungan terhadap beberapa perusahaan di Kota Cilegon yaitu PT Krakatau Posco, PT Krakatau Bandar Samudera, dan PT Vopak Indonesia.

 "Kita  berharap agar sektor industri khususnya wilayah kerja Banten dapat memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial, serta masyarakat," kata Askolani.

Pada kunjungan ini Direktur Jenderal Bea Cukai juga berkesempatan untuk melakukan pelepasan ekspor PT Krakatau Posco berupa slab dan pelat baja dengan total ekspor selama periode 2019-2021 sejumlah 3,2 juta ton dan nilai devisa sebesar 1,8 miliar USD.
Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani beserta pejabat eselon terkait melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja Bea Cukai Merak, Banten, Kamis (18/11/2021). (Foto Antara/Bea Cukai)


Selain itu Direktur Jenderal Bea Cukai juga melakukan kunjungan terhadap fasilitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang berlokasi di area PT Krakatau Bandar Samudera yang baru saja diresmikan dalam rangka  meningkatkan pelayanan bagi pengguna terminal pelabuhan serta mendukung pelaksanaan Submission Quarantine and Customs (SSmQC).

Usai melakukan kunjungan kerja di beberapa perusahaan di Kota Cilegon, Askolani juga berkesempatan untuk meninjau pelayanan dan fasiltan kantor Bea Cukai Merak serta memberikan arahan kepada seluruh jajaran dan pegawai melalui kegiatan “Dirjen Menyapa”.

Dalam Kegiatan ini Askolani memberikan pengarahan sekaligus apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh jajaran di Bea Cukai Merak sehingga target dapat tercapai dengan optimal.

Ia juga berpesan,  agar tetap selalu memberikan karya dan performa terbaik untuk memberikan dampak positfif bagi kemajuan institusi Kementerian Keuangan.

Bea Cukai senantiasa selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha dengan memberikan kinerja yang terbaik demi terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan penerimaan negara, agar tercipta perekonomian semakin maju dan pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusunya di wilayah Banten.

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021