Serang (AntaraBanten) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM), dalam waktu dekat akan membangun kembali satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

Kasi Seksi Energi Baru Terbarukan Bidang Energi Dinas Kelautan Perikanan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Serang Iwan Hermawan di Serang, Rabu (23/10), mengatakan di desa tersebut sebanyak 320 Kepala keluarga belum menikmati akses penerangan listrik selama puluhan tahun.

"Pembangunan PLTS merupakan keberhasilan yang sebelumnya dibangun dua unit PLTS Desa Pulo panjang, Kecamatan Pulo Ampel merupakan percontohan untuk di Kabupaten Serang dengan kapasitas 25 kilowatt (KW)," katanya.

"Dengan keberhasilan itu maka Kementerian ESDM akan membangun kembali satu unit PLTS di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa dengan kapasitas 25 KW. Untuk saat baru tahap pemasangan pondasinya," kata Iwan menambahkan.

Iwan menjelaskan satu unit PLTS dengan kapasitas daya tampung 25 KW tersebut direncanakan akan disalurkan kepada 320 KK ataupun rumah warga di desa tersebut, dimana sudah puluhan tahun hingga saat ini belum menikmati akses penerangan listrik.

"Di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang terdapat 320 KK, maka untuk keseluruhan akan kebagian bisa menikmati penerangan listrik. Sehingga, warga tidak lagi hidup dalam kegelapan jika di malam hari," ungkap dia.

Camat Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten, Mas Elan Afandi mengaku menyambut baik dengan akan dibangunnya satu unit PLTS tersebut yang merupakan Pemeirntah melalui KemenESDM.

"Kami sangat bersyukur tentunya. Mengingat warga di desa itu belum menimati sambungan penerangan listrik," katanya.

Elan juga mengaku akan mendukung serta turut andil untuk percepetan pelaksanaan  pembangunan PLTS tersebut. Dimana PLTS itu merupakan kebutuhan yang mendesak masyarakat.

"Pastinya kami bersama masyarakat setempat mendukung guna kelancarannya," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013