Warga Kampung  Cilebang, Desa Sukajaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis, (11/11) menggelar Sedekah Bumi yang merupakan acara adat-istiadat dan  sudah turun menurun dari zaman dahulu.

Kegiatan tersebut secara rutin dilaksanakan, selain mempertahankan tradisi nenek moyang, juga  memperkenalkan kepada generasi muda agar tidak melupakan sejarah kasepuhan adat, kususnya di Kampung Cilebeng (Wewengkon Cibelang).

Baca juga: Polsek Muncang siap siaga hadapi bencana

Turut hadir dari dinas pariwisata atau yang mewakili Muspika Kecamatan Sobang, Kepala Desa Sinarjaya, Kapolsek Sobang, Babinsa Sobang, para tokoh kasepuhan adat lainnya.
Jaro Wahid/Kepala Desa Jagaraksa (Kasepuhan Jagaraksa), Abah Aden (Kasepuhan Pasireurih) dan Olot Solihin (Kasepuhan Sindangagung).
Sedekah Bumi Kasepuhan Adat Wewengkon Kampung Cilebang. (Foto Antara/M. Iqbal)


Sedekah Bumi ini disertai acara kerohanian tabligh islamiah. Masyarakat juga menyajikan bermacam-macam pentas kesenian tradisional seperti oplod, gondang, jaipong, pawai sambil membawa makanan khas Cilebang. Warga mengenakan baju adat dan pentas kesenian lainnya dilanjut dengan nadar, ritual ngaruap ,ritual ngaruang dan gelar seribu tumpeng.

Kepala Desa Sukajaya Entis atau biasa disapa Deril mengatakan,  Sedekah Bumi ini dilakukan untuk memperingati adat-istiadat daerah kami (Wewengkon Sibelang) dan me njaga budaya serta memperkenalkan kepada generasi muda supaya tidak tergerus oleh perkembangan sehingga melupakan budaya.

"Alhamdulillah acara Sedekah Bumi ini berjalan dengan baik dan masyarakat juga sangat antusias, adanya kegiatan memperingati adat-istiadat dan budaya ini selalu rutin kami lakukan setiap tahunnya agar adat dan budaya jangan sampai terlupakan atau terusak oleh perkembangan jaman, apalagi anak muda sekarang harus tau.Agar kedepannya generasi bisa meneruskan menjaga adat dan budaya kususnya kasepuhan adat Wewengkon cilebang,"  katanya.

Ia juga menyatakan, pada kegiatan tahunan tersebut juga digelar gebyar vaksinasik yang dilaksanakan Polsek Sobang, dan  sekitar 238 warga memperoleh vaksin COVID-19 tersebut.

Pewarta: M. Iqbal

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021