Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Banten meluncurkan pelayanan pembuatan kartu kuning secara daring, mulai dari pendaftaran hingga pencetakan.

Plt Kepala Disnaker Kota Tangerang Rakhmansyah di Tangerang, Kamis mengatakan selama ini layanan kartu kuning daring baru pada tahap pendaftarannya saja, namun pihaknya melakukan inovasi agar pemohon tidak perlu ke kantor disnaker untuk proses pencetakan.

Baca juga: KONI Kabupaten Tangerang siapkan atlet lebih matang hadapi PON XXI

"Saat ini, pelayanan kartu kuning sudah sepenuhnya daring, mulai dari daftar hingga cetak lewat aplikasi Tangerang LIVE. Proses cetak kartu kuning dapat dilakukan dimana saja, tanpa harus datang ke kantor disnaker. Jadi, cetak kartu kuning mudah dari rumah saja,” katanya.

Ia berharap, melalui layanan kartu kuning daring ini dapat lebih memudahkan para pencari kerja dalam melengkapi pemberkasan. “Virtual Jobfair juga akan terus digelar untuk menekan angka pengangguran di Kota Tangerang,” katanya.

Mengenai cara pembuatan kartu kuning, dia menjelaskan cukup dengan mendownload aplikasi Tangerang LIVE dan memilih menu layanan ketenagakerjaan dengan kanal kartu kuning.

Setelah itu pemohon bisa melengkapi data diri dan menguploadnya sebagai syarat mendaftar. Pemohon menunggu verifikasi data dan siap untuk mencetaknya.

"Kemudahan ini diharapkan bisa dimanfaatkan agar semua proses tak ada lagi kendala sehingga masyarakat bisa membuat kartu kuning dengan cepat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021