Jakarta (Antara News) - Country Director the Nature Conservancy (TNC) Indonesia Rizal Algamar memandang perlu mendorong   pemerintah daerah (pemda) untuk menjaga pelestarian lingkungan di wilayahnya.

"Pengalaman kami di daerah-daerah tempat TNC melakukan kegiatan memang memerlu pengawasan agar kebijakan pelestarian lingkungan dilaksanakan dengan konsisten," kata Rizal di Jakarta, Kamis.

Rizal menjelaskan hal itu kepada sejumlah wartawan dalam rangka memperkenalkan program TNC di Indonesia.

Hadir pula pada acara tersebut jajaran TNC Indonesia, yakni Abdul Halim Direktur Program Kelautan, Tri Nugroho Direktur Program Terrestrial, Sapto Handoyo Sakti Eksternal Affair Director, dan Wahjudi Wardojo (penasihat senior kebijakan konservasi).

Rizal mengatakan bahwa persoalannya bukan hanya kebijakan di bidang pelestarian lingkungan, melainkan yang lebih penting adalah penegakan hukum dapat dilaksanakan secara konsisten.

Rizal mengatakan bahwa TNC sebagai organisasi internasional bukan profit yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan akan mendorong pemda sebagai mitra untuk lebih perhatian terhadap persoalan lingkungan.

Rizal mengatakan bahwa TNC berprinsip dalam melakukan kegiatan harus merangkul mitra kerja untuk memudahkan dalam mengaplikasi program lingkungan yang disiapkan.

Rizal menyebutkan terdapat empat pendekatan yang dilakukan oleh TNC pada wilayah sasaran pelestarian lingkungan, yakni sains, pemanfaatan, kebijakan, serta transformasi (perubahan) tata kelola dan tata kerja.

Wilayah garapan TNC Indonesia, di antaranya Wakatobi, Berau, Raja Ampat dengan luas kawasan yang dikelola 5,5 juta hektare kawasan perlindungan laut dan 1,8 juta hektare kawasan hutan tropis.

Misalnya, di Raja Ampat, Pemerintah sangat melindung konservasi alam dengan adanya larangan menangkap ikan langka di kawasan tersebut. Dalam hal ini, tugas TNC memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya perlindungan alam, kata Rizal.

Rizal juga menyampaikan dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan TNC selalu melibatkan masyarakat sekitar dengan harapan mereka akan ikut serta dalam menjaga lingkungannya.

Kegiatan TNC, meliputi pelestarian, perbaikan, dan keseimbangan yang seluruhnya melibatkan masyarakat sekitar, jelas Rizal.

Rizal mengatakan bahwa pihaknya juga aktif memberikan masukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kelautan mengenai program moratorium.

"Sangat dimungkinkan untuk mendapatkan insentif apabila mampu mengurangi gas karbon melalui lembaga-lembaga internasional," jelas Rizal.

TNC saat ini beroperasi di 35 negara termasuk Indonesia, Indonesia merupakan empat negara yang menjadi prioritas, selain Cina, Brazil, dan Meksiko.


 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013