Pandeglang,  (Antara Banten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengharakan pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) harus menjadi momentum perkembangan ilum pengetahuan dan teknologi di daerah itu.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, jadi saya harapkan dapat dijadikan momentum untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang semakin  cepat dalam era globalisasi sekarang ini," katanya saat membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Pandegkang di Pandeglang, Rabu.

Selain itu, kata dia,  kegiatan ini diharapkan sebagai sarana pengembangan bakat dan kreatifitas dibidang olahraga dan seni budaya dalam rangka membentuk sikap dan pribadi baik jasmani maupun rohani yang sportif, kompetitif, bekerjasama dan dapat menghargai prestasi orang lain.

Bupati juga mengatakan, sumber daya yang dimiliki pemerintah terbatas, namun hendaknya kekurangan tersebut tidak dijadikan alasan untuk tidak berprestasi.

"Prestasi jangan terhalang oleh apapun, justru masalah dan kekurangan yang ada harus menjadi pemicu dalam meraih prestasi diberbagai bidang, sehingga bisa menunjukkan generasi Pandeglang tidak kalah dari daerah lain yang lebih maju," katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga sebagai Kepala Seksi Kurikulum SMA/ SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Ade Suparman sebanyak ribuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat  mengukuti LKS dan O2SN yang digelar di SMKN 2 Pandeglang tersebut.

Menurut dia, LKS dan O2SN digelar dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya maka dengan itu sebagai upaya kearah yang diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional.

"Inti dari kegiatan ini adalah untuk menguji kemampuan keterampilan dari berbagai prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik siswa," katanya.

Ia juga menjelaskan, jumlah peserta untuk LKS 203 siswa SMK yang akan mempertandingkan 13 mata lomba, sedangkan untuk peserta O2SN diikuti oleh 704 siswa SMK yang akan mempertandingkan 5 cabang lomba yaitu bola volly, basket, futsal, bulutangkis dan tenis meja.

Sedamglam O2SS SMA diikuti oleh 172 siswa dengan mempertandingkan 5 cabang lomba yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, karate dan pencak silat. Kegiatan ini akan dilaksanakan 20-22 Maret 2013.(Humas Pandeglang)

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013