Pandeglang (AntaraBanten) - Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang Bedjo menjelaskan usaha budi daya ikan kerapu di daerah tersebut berkembang dan potensial untuk terus ditingkatkan.

"Usaha budi daya ikan kerapa dilakanakan di Desa Cigoronggong, Kecamatan Sumur, informasinya memang cukup maju," katanya di Pandeglang, Rabu.

Budi daya ikan kerapu tersebut, kata dia, langsung di bawah pengelolaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, yang dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat setempat.

Sistem budi daya yang dilakukan, kata dia, masih dalam bentuk pembesaran. Yakni para nelayan mencari ikan kerapu dari laut, dan yang masih anakan ditampung di kolam untuk dibesarkan.

Mengenai produksi ikan kerapu tersebut, ia mengaku, tidak mengetahui secara pasti karena pelaporan langsung ke Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Banten.

"Kita hanya tahu usaha tersebut berkembang, mengenai produksinya tidak mengetahui secara pasti, karena usaha tersebut dikelola langsung oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten," ujarnya.

Ia menjelaskan, di laut Pandeglang memang cukup banyak ikan kerapu dengan kualitas bagus, dan karena itulah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten membangun tempat penampungan dan pembesaran di Kecamatan Sumur.

Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menjelaskan potensi ikan kerapu di Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu yang ditawarkan pada investor asing.

"Belum lama ini ada pembicaraan peluang investasi dengan beberapa negara, diantaranya Singapura, Ukraina dan Geogia, dan dari sekian banyak potensi yang ditawarkan yakni sektor perikanan karena kita memiliki potensi cukup besar, seperti ikan kerapu di Pandeglang," ujarnya.

Terkait dengan itu, kata dia, pada Dinas Keluatan dan Perikanan provinsi dan kabupaten/kota untuk menyiapkan data potensi untuk memberikan gambaran pada calon investor yang akan menanamkan modalnya," ujarnya.(Humas Pandeglang)
   

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013