Bupati Pandeglang Irna Narulita memastikan seleksi CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) akan menghasilkan aparatur sipil negara (ASN) yang berkualitas, handal dan profesional.

"Anak ibu yang mendaftar di sini harus semangat dan berjuang. Karena kemampuan anda yang menunjukan layak dan pantas menjadi pemenang," kata Irna Narulita saat memantau pelaksanaan tes seleksi CPNS hari pertama bersama Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Endang Sumantri di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karangtanjung, di Pandeglang, Rabu.

Baca juga: Mahasiswa asal pandeglang, Raup omzet puluhan juta perbulan Dari bisnis Fotografi

Selaku kepala daerah di Pandeglang,  Irna berharap yang lolos tes seleksi CPNS 70 persen merupakan putra daerah. Namun demikian, kata dia, hal itu tergantung dari kesungguhan para peserta dan kemampuan dalam mengikuti seleksi tersebut.

 "Kami memberikan motivasi, ini pertarungan sehat dari wilayah manapun bisa ikut serta, saya harap usahanya maksimal agar hasil memuaskan,"  kata Irna

Diyakini Irna, dengan menggunakan sistem CAT akan menghasilkan ASN yang profesional, handal, dan brahlakul karimah. Irna juga memberikan motivasi bagi para peserta tes yang tidak lulus atau nilainya dibawah passing grade. 

"Jangan putus asa, ini kompetisi adil dan merata, bisa coba lagi di tahun mendatang," kata dia.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, formasi untuk tahun ini CPNS di Pandeglang sebanyak 504 dan PPPK non guru sebanyak 72. 

"Yang melamar kurang lebih sebanyak 9.000, dan yang lolos seleksi administrasi dan ikut tes hari ini sebanyak 6.508," kata Fahmi

Dari jumlah 6.508, kata Fahmi, yang mengikuti tes hari ini tidak semuanya dilakukan di Pandeglang. Sebab yang dari luar daerah Pandeglang walaupun mendaftar di Pandeglang, tidak harus ikut tes di wilayah Pandeglang karena UPT BKN masing masing kota bisa memfasilitasinya.

"Yang melaksanakan tes di Pandeglang sebanyak 5.308, dan sisanya kurang lebih 1.200 melaksanakan tes diwilayah masing masing seperti Bandung, Jakarta, Jawa, dan Medan," kata dia.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021