Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten menggandeng universitas atau perguruan tinggi di daerah itu untuk menggelar kegiatan donor darah bagi masyarakat termasuk mahasiswa.

"Kita bekerja sama dengan kampus Universitas Tangerang Raya (Untara) menggelar Donor darah, menggugah kepedulian masyarakat akan pentingnya kebutuhan darah," ucap Ketua PMI Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Dina Sujatmika di Tangerang, Minggu.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kota Tangerang gelar bulan vaksinasi di 1.017 RW

Menurutnya, dengan adanya kerjasama bersama universitas tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Tangerang.

Selain itu, diharapkan juga kelompok anak muda atau mahasiswa di universitas khusunya di Untara ini bisa menjadi pendonor aktif kedepannya.

Ia menyebutkan, pada pelaksanaan donor darah yang dilaksanakan di Komplek Untara, di Sudirman Indah, Kecamatan Tigaraksa itu diikuti antusias oleh mahasiswa, Karang Taruna dan organisasi serta komunitas.

"Allahmdulilah, selain mahasiswa yang donor darah ini juga diikuti dari KNPI, Komunitas Terios, Rust Club' Indonesia, Pemuda Pancasila, Serikat pedagang Kecil Tigaraksa dan masyarakat Tigaraksa," katanya.

Ia mengungkapkan, pada kegiatan donor darah yang dilakukan di universitas tersebut sudah terkumpul 60 kantong darah, dengan pendaftar sebanyak 88 orang.

Selain melaksanakan kegiatan donor darah, lanjut dia, PMI juga turut mensosialisasikan terkait aplikasi Sistem Informasi Donor Darah Indonesia (Sidoni) yang dimiliki PMI.

Dalam aplikasi tersebut nantinya masyarakat dapat mengetahui ketersediaan stok darah, dan jadwal kegiatan donor yang dilaksanakan oleh PMI.

"Aplikasi sidoni lebih memudahkan, daftar di rumah pilih tempat langsung donor yang terdekat, setetes darah kita membantu nyawa manusia," ujarnya.

Sementara itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untara, Rohul Ardhiansyah menambahkan kegiatan donor darah ini merupakan program kerja BEM untuk mengajak mahasiswa dan sekeliling kampus untuk peduli menyumbangkan darahnya.

Ia menuturkan, kedepan pihaknya akan berupaya untuk membantu mensosialsisasikan terkait pentingnya kegiatan donor darah kepada masyarakat dan kelompok muda di Tangerang.

"Donor darah ini mengajak mahasiswa dan lingkungan akan pentingnya kebutuhan darah," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021