Serang (ANTARABanten) - Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Adiyaman Amir Saputra mengajak puluhan mahasiswa Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang bersama masyarakat, menanam pohon magrove di pesisir Karangantu Kota Serang, Sabtu.


Puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian Untirta dan sejumlah perwakilan unsur masyarakat bersama dengan anggota DPR RI Adiyaman Amir Saputra, menanam sebanyak 1000 batang pohon mangrove tepatnya di Kampung Tanggul Muara Cengkok, Desa Banten, Kecamatan Kasemen Kota Serang.

"Kami meresa terpanggil untuk melakukan penyelamatan lingkungan pantai Karangantu ini. Sehingga kami mengajak mahasiswa dan unsur masyarakat, LSM, pemerintah di Kota Serang ini untuk menanam mangrove ini," kata Adiyaman usai bersama-sama melakukan penanaman 1000 batang pohon mangrove tersebut.

Ia mengatakan, sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan pantai, perlu dilakukan penanaman mangrove di sepanjang pinggir pantai untuk menjaga kestabilan pantai, kemudian melindungi pantai dari abrasi juga untuk menahan atau menyerap tiupan angin dari laut yang kencang.

"Banyak manfaat dari adanya tanaman mangrove ini. Paling utamanya yang merasakannya adalah masyarakat di pesisir pantai," kata Adiyaman.

Manfaat lain dari menanan magrove ini, kata dia, untuk menahan sedimen secara berkala sampai terbentuk lahan yang baru serta sebagai kawasan yang melakukan penyanggaan proses intrusi atau rembesan air ke darat sebagai 'filter' air asin menjadi air tawar.

"Nantinya juga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat nelayan untuk menangkap ikan. Untuk itu kita perlu menjaga lingkungan pantai, contoh terkecilnya tidak membuang sampah ke sungai yang akhirnya ke laut," kata Adiyaman yang juga Purnawirawan TNI Angkatan Laut berpangkat Laksyda.

Pihaknya juga mengajak pemerintah daerah dan pusat, untuk bisa mendorong masyarakat memiliki kepedulian terhadap lingkungan pantai, serta bisa memanfaatkan potensi masyarakat yang berada di lingkungan pesisir pantai dengan melakukan budidaya potensi laut termasuk pembibitan mangrove.

"Kami sedang merancang untuk membangun 'Mangrove Center' di Karangantu ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi," kata Adiyaman.

Menurutnya, dengan dibentuknya 'Mangrove Center' pihaknya berharap bisa menjadi pusat penelitian, pengembangan dan penampungan bibit mangrove yang dikembangkan masyarakat setempat. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012