Bogor (ANTARA News) - Sentul Nirwana, kawasan mega hunian terpadu di Sentul, Bogor, yang dikelola PT Bakrieland Development Tbk (Bakrieland) mulai membangun unit hunian dan komersial pada Juli 2012.

"Pembangunan segera dimulai setelah kami berhasil menjual 86 persen dari total 226 unit di Klaster the Atmosphere yang baru dipasarkan," kata CEO Unit Usaha Landed Residential Bakrieland Marc Dressler di Bogor, Sabtu.

Dressler mengatakan bahwa Sentul Nirwana dirancang sebagai kawasan mega residential (hunian) yang memiliki fasilitas serta infrastruktur lengkap dan nyaman.

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kawasan ini dikembangkan menjadi kota mandiri, apalagi harga unit yang ada terus mengalami kenaikan, ujar Dressler.

"Seperti nilai rumah di klaster Atmosphere, sejak diluncurkan belum lama ini telah mengalami kenaikan 15 persen. Kami yakin hunian ini akan menjadi alternatif tempat tinggal yang nyaman," ungkap Dressler lagi.

Bersamaan peluncuran klaster hunian The Atmosphere, Sentul Nirwana juga meluncurkan unit komersial Kanto (Kantor Toko), yakni Jungleland Avenue yang dibangun dua tahap, tahap awal  58 unit dan tahap dua 33 unit.

Dressler mengatakan bahwa Kanto dibangun dengan model minimalis, mediternaia, post modern, klasik dalam satu area sehingga pengunjung tidak jenuh. Di depannya, dibangun area pejalan kaki dengan konsep downtown walk untuk memberikan kenyamanan.

Kawasan komersial tersebut lokasinya tepat di jalan besar antara hunian dan Jungle Land sehingga cocok untuk diisi dengan restoran, toko, mini swalayan, dan sebagainya. Asumsinya di lokasi tersebut akan dihuni 4.000 penduduk, dan merupakan pasar potensial.

Bakrieland saat ini telah mengantongi master plan pengembangan Sentul Nirwana seluas 12.000 hektare. Pada tahap awal, akan segera dibangun 127 hektare.

Klaster the Atmosphere dibangun di atas lahan 10,2 hektare, sedangkan Jungleland Avenue dibangun di atas lahan 2,4 hektare. Di kawasan ini juga akan dibangun Jungleland Adventure 40 hektare semacam outdoor theme park yang juga dibangun secara bertahap.

Rencananya 90 wahana permainan dan pertunjukan akan melengkapi Jungle Land, serta kawasan yang menggabungkan edukasi dan entertainment (edutainment) yang memungkinkan pengunjung mendalami pengetahuan sambil bermain, kata Dressler.

Tahap I terbagi ke dalam empat zona, carnival, explora, tropicalia, mysteria, dan downtown, yang menjadi pusat jajanan dan akan diisi tenant-tenant ternama, saat ini pembangunan downtown sudah mencapai 70 persen.

Sentul Nirwana juga akan dilengkapi dengan hotel dan resort, lapangan golf, pusat perbelanjaan, sekolah, perguruan tinggi, serta beberapa klaster rumah lagi, katanya menjelaskan.

Sebagai hunian skala besar yang akan menjadi kota mandiri Sentul Nirwana rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas pabrik air minum (water treatment plant/WTP), sementara ini menggunakan fasilitas Sentul City kebetulan kapasitasnya masih besar.


 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012