Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten meminta warga yang tinggal di kawasan pegunungan, perbukitan dan aliran sungai untuk waspada bencana, mengingat saat ini hujan mulai turun di daerah itu.

"Pegunungan, berbukitan dan aliran sungai rawan terhadap bencana banjir dan tanah longsor, jadi kami minta warga yang tinggal di kawasan itu selalui waspada terhadap bencana, terutama jika terjadi hujan pada malam hari," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Peby Rizky Pratama, Selasa.

Baca juga: BPBD Kabupaten Lebak minta warga waspadai cuaca buruk
 
Menurut dia, kewaspadaan perlu terus dilakukan, sehingga kalaupun terjadi bencana bisa menghindari adanya korban jiwa.
 
Ia menjelaskan, bencana longsor dan banjir pada malam hari sangat mungkin menimbulkan korban jiwa, jika warga tidak waspada.

"Kita sering kali memberikan peringatan agar warga yang tinggal di pegunungan, perbukitan dan aliran sungai agar waspada terhadap bencana terutama ketika musim penghujan," katanya.

Kawasan pegunungan dan bukit di daerah itu rawan longsor, karena itu diimbau pada warga agar mengungsi jika turun hujan lebih dari tiga jam.
 
"Kami minta warga jika hujan lebih dari tiga jam sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman, " ujarnya menjelaskan. 
 
Ia mengatakan BPBD Lebak  tetap siaga menghadapi bencana alam tersebut dengan mengoptimalkan Posko Siaga Utama selama 24 jam. 
 
Para petugas di Posko Siaga dapat bergerak cepat ketika terjadi bencana dan memberikan bantuan pertama bagi warga yang terdampak bencana tersebut.
 
Disamping itu juga mereka lebih cepat menyalurkan logistik sebagai kebutuhan pelayanan dasar, ujarnya.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021