Pekerja dengan mobilitasnya, menjadi salah satu kalangan yang paling rawan terinfeksi Covid-19 dan potensial menyebarkannya ke kalangan lebih luas. Wajar jika Polda Banten memberikan perhatian serius. Setelah sebelumnya mengadakan program vaksinasi, kali ini Polda Banten memberikan sumbangan 1.200 paket sembako, untuk disalurkan kepada kalangan pekerja Banten.

Pemberian sumbangan 1.200 paket sembako diadakan di Polda Banten, Sabtu, 24 Juli 2021. Secara simbolis Kapolda Banten menyerahkan paket sembako pada perwakilan pimpinan pekerja dan buruh wilayah Banten yaitu DPD SPN, FSPMI, KASBI, KSBSI, FSKEP dan SPSI 1973. 

Dalam sambutannya, Kapolda Banten menegaskan serikat pekerja adalah mita Polri. Para pekerja memberikan sumbangan yang sangat besar pada negara di bidang ekonomi. Untuk itu kegiatan para pekerja tersebut perlu suasana keamanan dan ketertiban yang menjadi tugas utama Polri dan dibantu semua kalangan termasuk serikat pekerja. 

Wabah Covid-19 yang meningkat membuat pemerintah mengambil opsi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Langkah tersebut bertujuan menekan laju penyebaran Covid-19. Dampaknya kegiatan masyarakat termasuk para pekerja menjadi lebih terbatas yang menimbulkan kerawanan. 
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan buruh secara simbolis di Mapolda Banten. (Susmiatun Hayati)

“Atas hal itulah, Kami di jajaran Polda Banten mengambil kebijakan untuk memberikan bantuan pada kalangan pekerja,” kata Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Bantuan tersebut berupa langkah untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) berupa vaksinasi yang telah dilakukan dan akan terus dilakukan. “Saat ini kami mengambil kebijakan untuk memberikan bantuan sosial kebutuhan pangan kepada saudara saudara kami dari serikat pekerja," tutur Irjen Rudy Heriyanto.

Kapolda Banten menyatakan akan terus memberikan perhatian pada kalangan pekerja. “Ini bentuk kepedulian Polda Banten kepada mitra Kamtibmas dari kalangan pekerja, untuk terus berkomitmen menjalin sinergisitas dan mendukung program Pemerintah dalam rangka menekan laju penyebaran wabah covid demi terciptanya Banten yang Sehat,” tambahnya.
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan buruh secara simbolis di Mapolda Banten. (Susmiatun Hayati)

Lebih lanjut Irjen Rudy berharap pemberian bantuan sosial berupa 1.200 pakert sembako dapat disalurkan kepada para anggota serikat pekerja dan bermanfaat bagi anggota serikat. “Titip salam hormat saya kepada keluarga besar serikat pekerja.”

Kapolda Banten mengakhiri sambutannya dengan yel-yel penyemangat untuk kalangan pekerja Banten. “Hidup buruh, hidup pekerja, hidup para pejuang keluarga, dan hidup Polda Banten,” seru Irjen Rudy. 

Sementara itu para pengurus Serikat Buruh dan Pekerja di wilayah Banten menyatakan terima kasih atas perhatian Polda Banten. “Kami Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia 1973 mengucapkan terima kasih kepada Polda Banten,” kata pengurus DPD SPSI Banten 1973.

Pernyataan tersebut ditimpali pengurus DPD SPSI Banten 1973 yang turut hadir. “Buruh sehat, ekonomi meningkat, Banten kuat, corona wafat.” 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021