Ibunda Ustadz Solmed, Hj Salmah Lubis yang meninggal dunia pada pukul 03.00 WIB dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, saya  bersyukur kepada Allah, hari ini bisa mengantar Emak saya ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Al Azhar Memorial Garden,” kata Ustadz Solmed di Karawang, Minggu.
 
Berdasarkan keterangan pengelola makam, Hj Salmah Lubis, dimakamkan dengan prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19 yang ketat. 

Ustadz Solmed dan April Jasmine, isterinya, menyaksikan prosesi pemakaman dari jarak yang aman.  Sementara beberapa pelayat lain hanya melihat dari kejauhan. 

Bupati Karawang dr.Hj.Celica Nurahdiana juga tampak hadir menyampaikan belasungkawa. 

Seusai pemakaman, Ustadz Solmed yang tampak berduka mengatakan pihak keluarga memilih almarhumah dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Karawang karena ingin nantinya anak cucunya mudah berziarah ke makam orangtuanya, Ustadz Solmed mengaku sering melewati kompleks Pemakaman Islam yang dikelola oleh YPI Al Azhar itu setiap kali melewati jalan tol Jakarta-Cikampek.   

"Itu tempat yang kalau saya lewat ogah nengok karena buat kita yang hidup ini bukan tempat yang cocok, tapi ternyata ini adalah tempat pemakaman yang baik menurut saya ketika ada keluarga yang wafat, ya kami pilih memakamkan di Al Azhar,” katanya. 

Ia mengatakan komplek pemakaman Islam itu istimewa, Semua tertata rapih, makamnya, batu nisannya, jalanan tapaknya, tendanya, bahkan suasananya adem banget. Betah ziarah dan itu yang paling penting. "Ziarahnya jadi tak terburu-buru, bacaan doanya gak terburu-buru, duduk gak terburu-buru, karena ini adem enak” ujarnya tentang komplek makam yang ditata bak taman itu. 
 
dimaafkan 
 
Sebelumnya, Ustadz Solmed melalui IG story-nya menyampaikan kabar duka sang Ibu. 

“Innaa Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Rooji’uun. Telah kembali kepada Allah SWT Sang Pemilik Seluruh MakhlukNya, Dengan Tenang, Penuh Cinta Dan Kasih SayangNya, Ibunda Saya,” tulis sang ustadz. 

Dalam unggahan IG story yang sama, Ustadz Solmed meminta untuk dibukakan maaf dan meminta doa untuk almarhumah. Ia juga berharap Allah SWT agar mendiang sang ibu diberikan tempat terbaik di sisiNya. 

"Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya. Mohon didoakan semoga Ampunan Allah SWT dikaruniakan padanya dan Surga menjadi tempat tinggalnya," lanjutnya.  

April Jasmine, istri Ustad Solmed, mengaku sangat kehilangan mertua tercintanya. Lewat akun instagramnya, Ia juga menyampaikan berita duka tersebut dan mengunggah sebuah video saat sungkeman kepada mertuanya. 

April menambahkan, "Mohon didoakan semoga ampunan Allah SWT dikaruniakan padanya dan surga menjadi tempat tinggalnya. Alfaatihah. Kami semua yang berduka atas nama keluarga Ustadz Solmed (anak) dan April Jasmine (menantu)."  

Unggahan duka itu langsung dibanjiri oleh doa para netizen, termasuk dari jamaah dan rekan artis. 
 
Jadi pilihan
 
Tempat Pemakaman Islam Al Azhar menjadi pilihan bagi keluarga karena menerima pemakaman korban COVID-19. Sejumlah tokoh, artis selebriti, bahkan diplomat yang wafat akibat COVID-19 dimakamkan di sana.  

Mantan gitaris band GIGI Aria Baron akhir Juni 2021 dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden,  
     
Nugroho Adiwiwoho  - Pengelola Taman Pemakaman Islam itu menyatakan siap menerima korban Covid-19 untuk dimakamkan selama 24 jam.  "Kami    membantu pemerintah dan    masyarakat     dalam menangani pemakaman jenazah korban Covid-19," katanya.  

Kompleks pemakaman seluas 25 hektare ini terdiri dari 30 ribu unit kavling pemakaman dengan landscape taman dilengkapi fasilitas 2 mushola (mushola indoor dan outdoor), lounge, tempat istirahat outdoor, function hall dan untuk pemulasaraan atau pengurusan jenazah. Tempat ini diklaim sebagai area pemakaman khusus muslim dan tidak bercampur dengan non muslim.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021