Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebutkan dari hasil swab antigen atau tes usap kepada 1.439 orang secara acak diperoleh 283 orang dinyatakan positif COVID-19 dengan kategori tanpa gejala.

"Dari hasil pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan kemarin, diperoleh hasil ada 283 orang yang positif COVID-19 dari hasil swab antigen kepada 1.439 orang. Hari ini, swab antigen kembali dilakukan dengan sasaran titik keramaian untuk menekan penularan," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Puspemkot Tangerang Rabu.

Kepada warga yang diketahui positif, Wali Kota menjelaskan, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui PCR dan disarankan untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah dengan pemberian obat. "Tujuannya adalah agar penularan dapat dicegah dan kasus lonjakan COVID-19 dapat ditekan," katanya.

Kemudian kegiatan swab massal kembali dilakukan pada hari ini dengan sasaran sejumlah lokasi yang potensi terjadinya penyebaran COVID-19. Target yang dicanangkan pun masih yakni 4.000 orang sehari. "Kita bahkan target 5.000 orang sehari. Kita laksanakan bertahap," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan dr Liza Puspadewi menambahkan pemeriksaan antigen ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 yang terus alami lonjakan.

Pihaknya berharap kepada masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tetap berada di rumah bila tak ada urusan penting sebab lonjakan kasus masih ada.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021