Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang memberikan layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara khusus atau gratis bagi warga Kabupaten Tangerang yang lahir pada 1 Juli, bertepatan peringatan HUT ke-75 Bhayangkara.

Kanit Regident Satlantas Polresta Tangerang, AKP Riska Tri Arditia di Tangerang, Kamis mengatakan, pembukaan layanan pengurusan SIM tersebut bertujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, dan juga dalam rangka memperingati HUT ke-75 Bhayangkara.

Baca juga: Total 820 jenazah pasien COVID-19 dimakamkan di TPU Buniayu Tangerang

"Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 ini, Satlantas dari Polresta Tangerang memberikan layanan SIM gratis bagi masyarakat umum," katanya.

Ia menerangkan, program layanan SIM gratis ini sudah dibuka pihaknya sejak 29 Juni 2021. Dengan ketentuan harus memenuhi syarat yang ditentukan, seperti harus sehat jasmani dan rohani dengan dibuktikan surat keterangan sehat dari pihak terkait.

Kemudian, pendaftaran layanan SIM gratis ini juga hanya khusus bagi warga yang lahir pada tanggal 1 Juli.

"Yang jelas bagi pendaftar SIM gratis khusus masyarakat yang lahir pada 1 Juli, dengan jumlah kuota sebanyak 75 orang," ujarnya.

Ia menuturkan, bagi warga yang ingin mendaftarkan diri untuk membuat dan perpanjangan SIM A, dan C tersebut dapat dilakukan langsung di Kantor Satlantas Polresta Tangerang.

"Semua biaya BNBP akan digratiskan, baik itu yang membuat atau perpanjangan SIM A dan C," tuturnya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan layanan SIM gratis pada masa pandemi COVID-19, pihaknya memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat yang diberlakukan kepada para pemohon.

"Meski pendaftarannya secara tatap muka kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat," kata dia.

Sementara itu, peserta layanan SIM Gratis, Ubaydilah (36), asal Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang mengapresiasi dengan adanya program layanan SIM khusus yang diselenggarakan oleh Satlantas Polresta Tangerang.

"Saya sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya program SIM gratis ini, Kemudian dalam pelayanan yang diberikan juga sangat baik," katanya.

Ia berharap, di Hari Bhayangkara ke-75, Polri atau khususnya jajaran Satlantas Polresta Tangerang bisa meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan profesional.

"Mudah-mudahan di HUT Bhayangkara ini Polresta Tangerang bisa meningkatkan lagi dalam pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021