Usai terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Dengan Industri (FKLPI) Pusat periode 2021 – 2024, Yusuf Adriyanto mengaku telah menyiapkan program kedepan yakni mengurangi batasan antara Balai Latihan Kerja dan Industri dalam menyiapkan tenaga kerja kompeten sesuai kebutuhan era digital.

Ia mengatakan BLK dan industri harus serasi dalam mengadakan pelatihan dan menciptakan tenaga terampil. Apalagi pandemi telah menyebabkan terjadinya perubahan dan membutuhkan tenaga kompeten yang memahami perkembangan digital.

"Perubahan saat ini harus diimbangi dengan tenaga terampil. FKLPI akan berupaya dengan optimal dalam menciptakannya dan memajukan ekonomi nasional kedepan," ujarnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan di Hotel Ledian Serang.

FKLPI Pusat baru saja dikukuhkan secara resmi di BBPLK Serang tanggal 28 Juni 2021 oleh Dirjen Binalovonta Kemnaker RI dan  disaksikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Duta Besar Austria dalam sela-sela Groundbreaking Pembangunan Workshop BLK Maritim.

Yusuf menambahkan kedepannya FKLPI akan lebih masif dalam melakukan pembentukan Forum di seluruh UPTD seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 300 BLK yang saat ini baru terbentuk 92 FKLPI daerah sepanjang tahun 2014 – 2021. 

Keberadaan FKLPI daerah, lanjut Yusuf, bisa membangun sinergi dan kolaborasi antara BLK dan industri sebagai pengguna tenaga kerja. Dengan adanya sinergisitas antara BLK dan dunia usaha serta industri, maka nantinya peserta lulusan pelatihan yang telah sesuai dengan kebutuhan industri dan lebih mudah terserap. "Ini juga solusi mengatasi pengangguran secara nasional," katanya.

Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Dengan Industri (FKLPI) dilaksanakan di Hotel Ledian Serang dari tanggal 27 - 30 Juni 2021 dengan tema “Akselerasi FKLPI Dalam Rangka Transformasi Lembaga Pelatihan di Era Disrupsi”.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Budi Hartawan, Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Agung Nur Rochmad dan Prof. Dr. H Bomer Pasaribu.

Selain tokoh-tokoh nasional, dalam Rakornas tersebut dihadiri pula Perwakilan Industri, BLK dari UPTP Seluruh Indonesia. Selain diadakan kegiatan diskusi panel, Rakornas juga diadakan kegiatan Pengukuhan FKLPI Pusat yang baru Periode 2021 – 2024 dengan ketua Yusup Adriyanto dari FKLPID Serang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021