Serang (ANTARABanten) - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Dunia yang berada di Kampung Ciloang, Serang Banten mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga sebesar Rp2 miliar.

"Impian saya untuk membangun gelanggang remaja seperti di Bulungan Jakarta atau di jalan Merdeka Bandung bisa menjadi kenyataan," kata pendiri Rumah Dunia Hery Hendrayana Haris alias Gola Gong di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, sejak SMA sekitar tahun 1980 memimpikan memiliki gelanggang remaja seperti di Bulungan, Jakarta, atau di Jalan Merdeka, Bandung.

"Rasanya bahagia melihat para pemuda bisa menyalurkan bakatnya di sebuah tempat bernama gelanggang remaja," kata Gola Gong.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, kata Heri, ia sudah berhasil membebaskan tanah seluas 3.000 meter persegi dengan cara menggalang dana di milis-milis, facebook dan twitter dan Kemenpora membantu mengucurkan dana hibah sebesar Rp2,042,000,000.

Bantuan tersebut diserahkan Staf Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. R.Sihadi Darmo Wihardjo di ruang Deputi Bidang Kemitraan, Kemenpora, Gedung Grha Pemuda, Jakarta.

"Saya gemetar saat menandatangani pencairan dana itu," kata Gola Gong.

Ia mengatakan, pesan dari Staf Kemenpora tersebut bahwa dana hibah itu untuk kegiatannya berupa bantuan pembangunan Sentra Pemberdayaan Pemuda yakni untuk membangun sarana gedung.    .  

Lebih menggembirakan lagi, kata dia, bahwa dengan dibangunnya gedung sentra pemberdayaan pemuda tersebut,  karakter Rumah Dunia sebagai taman bacaan masyarakat tidak akan dihilangkan.   

"Latar belakang saya penulis, maka nanti akan fokus ke Penerbitan. Rumah Dunia nanti akan jadi pabrik kata-kata," katanya.

Nantinya di rumah dunia ada produk buku, kaos kata-kata, Koran atau tabloid. Selain itu, Gong Publishing yang akan dikuatkan, nantinya  akan merekrut potensi pemuda di lingkungan sekitar TBM Rumah Dunia untuk berbagai posisi di penerbitan.

Menurut Staf Kemenpora, kata Gola Gong, ada tujuh titik yang akan dibangun kompleks integrasi berupa fasilitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan bersama.

"Sesuai harapan yang disampaikan Staf Kemenpora, Rumah Dunia diharapkan sebagai laboratorium berprosesnya potensi pemuda yang ada di lingkungan Rumah Dunia," kata Gola Gong.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011