UMN latih prajurit  dan jajaran KOREM 052 pelajari Microsoft Access untuk memperlancar kegiatan administrasi dan pengolahan database . Menurut   Fenina ketua tim pelatih, acara ini dikhususkan agar prajurit dan karyawan di lingkungan KOREM  052 bisa mengolah form dan database  serta mengelolanya menjadi informasi yang berguna.

“Tim pelatih terdiri dari lima dan dan enam mahasiswa dari Prodi Informatika Fakultas Teknik dan Informatika UMN,"  ujarnya di kampus UMN, Selasa. 

Dalam pelatihan ini semua peserta  diajar mengenai Microsoft access, yakni untuk hari pertama pengenalan dasar meliputi query, relasi dan pembuatan table sedangkan pelatihan di hari kedua pembuatan form lengkap dengan databasenya.

Dalam kesempatan itu , hadir juga pada saat pembukaan Direktur LPPM UMN, Dr Winarno dan  Kainfolahta Korem 052/Wijaya Krama , Kapten Chb Wahidin serta peserta pelatihan sejumlah 40 orang dari berbagai Kodim  di lingkungan Korem 052.

Menurut  Dr. Winarno, Direktur LPPM UMN  kegiatan pelatihan Microsoft Access ini adalah perwujudan pengabdian kepada Masyarakat dari UMN, dimana MS Access merupakan software manajemen basis data. Pada era sekarang ini, keahlian mengelola database sangat penting. Bahkan semua orang termasuk jajaran Korem 052  sekarang dihadapkan kepada pengelolaan Big Data karena data semakin besar jumlahnya.

"Salah satu keahlian yg sedang menjadi trend saat ini adalah Data Science. Oleh sebab itu dengan belajar penggunaan software database, maka kita telah mengikuti perkembangan teknologi," demikian Winarno menjelaskan.
Foto bersama prajurit dan jajaran KOREM 052 peserta yang ikut dalam mempelajari Microsoft Access. (Foto Antara/UMN)



Mitra kampus UMN

Sementara itu, Kepala Pengabdian kepada masyarakat Umn,  Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara LPPM Umn dengan mitra, khususnya KOREM 052  dan merupakan bukti nyata pengabdian kepada masyarakat dosen-dosen Umn.

"Kegiatan ini bukan yang pertamakali. Kita sudah melatih jaajaran Korem 052 agar memahami Microsoft Exel, Power point. Bahkan materi-materi kekinian seperti pembuatan presentasi multimedia menggunakan aplikasi Canva dan editing video,” ujar Indiwan seto.

Tujuan kegiatan ini adalah mewadahi kebutuhan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Semua dosen diwajibkan untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai bagian dari kewajiban utama dosen selain mengajar serta meneliti. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa mendekatkan kampus  dengan masyarakat sekaligus menghilangkan stigma kampus hanyalah sebuah menara gading yang tidak dekat dengan masyarakat sekitar.

UMN akan selalu terbuka atas permintaan mitra dalam pelaksanaan pelatihan sesuai kebutuhan. Dalam waktu dekat, pihak UMN dan Korem 052 akan bekerjasama menggelar pelatihan jurnalistik penulisan press release dan pelatihan pembuatan presntasi menggunakan Canva.

 

 

 

 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021