Gelaran operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis dalam rangka HUT Dokkes Polri dan HUT Bhayangkara ke-75 yang diadakan Polda Kalimantan Selatan ditargetkan menjaring puluhan anak di daerah itu.

"Saat ini kami membuka pendaftaran bagi yang mau ikut bakti kesehatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit yang rencananya dilaksanakan 8 dan 9 Juni 2021," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Ubaidillah di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: ASDP Indonesia laksanakan operasi sumbing bibir gratis

Pada tahun lalu, gelaran serupa diikuti sebanyak 26 peserta. Diharapkan kali ini bisa lebih banyak yang dapat dioperasi sebagaimana tujuan Polda Kalsel membantu sebanyak-banyaknya masyarakat yang membutuhkan tindakan operasi tersebut.

Diakui Ubaidillah, tidak sedikit masyarakat terkendala biaya ketika ingin anaknya yang mengalami bibir sumbing untuk dioperasi. Mengingat tingginya biaya operasi ini bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung kondisi setiap penderita.

Untuk itulah, Polri hadir membantu masyarakat yang kurang mampu agar dapat mengikuti operasi bibir sumbing dan celah langit-langit tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.
Polda Kalimantan Selatan menggelar bakti kesehatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis. (ANTARA/Firman)


Pada pelaksanaannya nanti, Biddokkes Polda Kalsel menggandeng Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (Perapi) dan organisasi amal Smile Train.

Bagi yang berminat, pendaftaran dibuka di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin mulai 1 sampai 7 Juni.

Sejumlah kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta yaitu usia minimal 3 bulan untuk operasi bibir sumbing dengan berat badan minimal 5 kg.

Sedangkan usia minimal 1,5 tahun untuk operasi celah langit-langit dengan berat badan minimal 10 kg serta dipastikan dalam kondisi kesehatan yang baik.

Pewarta: Firman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021