Kepala Polresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya mengerahkan anggota mendampingi Tim Vaksinasi COVID-19 untuk menyasar warga lansia agar bersedia divaksin secara gratis untuk mencegah tertular virus corona jenis baru itu.

"Tim menyasar 'menjemput bola' atau langsung ke rumah-rumah warga, membujuk lansia agar bersedia divaksin. Ini sangat disambut baik masyarakat karena bisa menghindari keramaian yang berpotensi terjadinya penularan COVID-19 itu," kata dia di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Bupati Tangerang ajak perusahaan ikut dalam program vaksinasi gotong royong

Dia mengatakan sasaran utamanya orang lansia, karena mereka tidak bisa datang ke tempat vaksin yang disediakan pemerintah, sehingga perlu petugas mendatangi mereka ke rumah-rumahnya.

Kebijakan ini, kata Nandang, justru diinginkan warga guna mempercepat penuntasan program vaksinasi.

"Dalam melaksanakan vaksin petugas tetap menerapkan protokol kesehatan, terlebih dahulu calon penerima vaksin diperiksa dulu dan jika sudah secara medis layak divaksin maka lansia tersebut akan disuntik vaksin," katanya.

Ia menyebutkan sekitar 50 vaksin yang dibawa dalam rombongan "jemput bola" itu, sedangkan hari pertama menyasar para lansia di Kecamatan Tenayan Raya. 

Setelah masuk perkampungan warga, kemudian petugas menyasar lansia yang divaksin. Kegiatan juga dilakukan setelah shalat di Masjid Al Jami'ah Jalan Singgalang. 

"Aktivitas ini sebagai bentuk kontribusi Polresta Pekanbaru untuk mempercepat proses vaksinasi 'jemput bola' tentunya dilengkapi personel serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Jajaran polsek di Kota Pekanbaru juga melakukan upaya serupa," katanya.

Pewarta: Frislidia

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021