Tangerang, (ANTARABanten) - Pihak kepolisian di wilayah Tangerang Selatan, menganjurkan kepada warganya agar melapor ke Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat setempat sebelum mudik.

Kapolsek Ciputat, Kompol Alip di Tangerang, Kamis, mengatakan laporan tersebut dimaksudkan untuk membantu petugas keamanan dalam menjaga rumah kosong setelah ditinggalkan penghuninya untuk mudik.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat untuk menjaga rumah kosong selama mudik," kata Kompol Alip.

Alip mengatakan, hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan petugas dalam pemantauan. Pasalnya, tidak secara keseluruhan petugas kepolisian melakukan pengawasan tanpa dibantu pihak lain.

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk melaporkan kepada pengurus Rukun Tetangga dan Rukun Warga agar nantinya petugas mengetahui rumah yang tidak ada penghuninya.

Saat ini, lanjutnya, petugas sudah mulai mendata rumah yang ditinggal mudik pemiliknya. "Mulai sekarang kami sudah mulai. Jadi kami data, dan berkoordinasi dengan pengamanan setempat," katanya.

Untuk pengamanan, kata Alip, masyarakat tidak dapat sepenuhnya bergantung dengan petugas. Ini lantaran karena jumlah petugas yang ada tidak mungkin mengontrol semua kawasan.

Namun, Alip menegaskan mengenai pentingnya kerja sama yang harus dilakukan petugas dan masyarakat. "Jadi warga juga harus berperan aktif untuk memberikan informasi," kata dia.   

Kapolsek Metro Pamulang, Kompol Zulkifli Muridu mengatakan, pengamanan akan ditingkatkan jelang lebaran nanti.

"Unit patroli akan ditingkatkan dan akan menyambangi tempat - tempat yang dinilai rawan seperti pusat keramaian," kata Zulkifli.

Selain itu, ujar Zulkifli, polisi akan bekerja sama dengan Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), pamswakarsa, linmas, dan petugas siskamling yang ada.

"Menggerakkan elemen masyarakat sangat penting dan membantu kepolisian karena mereka yang paling dekat dan mengetahui kondisi tempat sekitar," kata Zulkifli.

Menurut dia, pemukiman padat menjadi daerah paling rawan pencurian. "Terutama bagi perumahan yang tidak memiliki petugas keamanan," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011