Tangerang, (ANTARABanten) - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten, meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut, yang kerap terjadi selama puasa.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Tri Utami Pertiwi di Tangerang, Rabu mengatakan, ada beberapa jenis penyakit yang mudah menjangkit saat bulan puasa seperti saat ini.

Penyakit tersebut diantaranya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa), Demam Berdarah Dengue (DBD), radang tenggorokan.

"Biasanya, ketiga penyakit tersebut sering sekali menyerang disaat puasa karena kekebalan tubuh manusia yang berkurang," katanya.

Selain itu, cuaca panas dan sering kali hujan, juga menjadi penyebab, seseorang mudah terserang ketiga penyakit tersebut.

Untuk mengatasinya, Tri Utami menuturkan, bila masyarakat bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran.

"Tujuannya, makanan serat seperti sayuran dan buahan untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan menangkal virus yang masuk," katanya.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat melakukan pola hidup bersih dan sehata serta makanan yang mengandung  protein, mineral, karbohidrat, lemak dan serat.

"Puasa juga dapat mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke dalam tubuh karena mengontrol masuknya makanan yang tidak baik bagi tubuh," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011