Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten mengembangkan inovasi baru layanan berbasis digital untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat akses kesehatan di tengah masa pandemi COVID-19.

"Digital Hospital intinya adalah kita memperbaiki sistem informasi dan layanan kita, kemudian dengan adanya digitalisasi ini masyarakat dengan mudah bisa mengakses pelayanan kesehatan," kata Direktur RSU Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini Lestari usai menggelar acara HUT RSU yang ke-57 di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Disnaker Tangerang terima 50 aduan terkait permasalahan THR Lebaran

Ia menjelaskan, nantinya dalam penerapan konsep layanan digitalisasi itu akan diutamakan membuat anjungan pendaftaran secara mandiri, sehingga pasien tidak perlu menunggu lama. Kemudian, pemberian resep obat dan hasil pengecekan leb pun bisa langsung keluar hasilnya melalui sistem tersebut.

"Tentunya harapan kami sebagai rumah sakit RS di Banten yang rujukannya cukup tinggi, agar bisa memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk program playanan digital hospital ini direncanakan pada tahun 2022 sudah dapat terealisasi hingga 100 persen. Akan tetapi saat ini pihaknya masih menjalankanya secara bertahap.

"Kalau untuk target realisasi pada program ini mudah-mudahan tahun depan sudah 100 persen efektif," katanya.

Selain itu, dikatakan Naniek, RSU Kabupaten Tangerang juga tidak hanya sebagai rumahsakit rujukan untuk pasien COVID-19 saja. namun pihaknya melayani pasien yang menderita penyakit kompleks dan lain sebagainya.

"Saat ini untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19, kami tim medis dari RSU Kabupaten Tangerang selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya virus corona, selain itu kita juga mengedukasi tentang vaksinasi," kata dia.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi dengan adanya sistem layanan digital yang di terapkan oleh RSU Kabupaten Tangerang.

Karena, menurutnya di tengah situasi pandemi saat ini inovasi dan terobosan tersebut sangat diperlukan terlebih dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Dengan adanya inovasi, saya berharap RSU Kabupaten Tangerang bisa meningkatkan lagi dalam hal segi pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kualitas sember daya manusianya," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021